BERBAGI
(Foto: Ilustrasi/Istimewa)

Lampung (Netizenku.com): Tidak hanya di Indonesia, tapi banyak negara di Asia punya hidangan bubur. Populer jadi menu sarapan, ternyata bubur punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Campuran nasi yang diolah hingga menjadi bubur, merupakan makanan yang populer di Indonesia, China, Korea, Jepang, hingga Portugal.

Meski punya racikan yang berbeda, ternyata bubur awalnya berasal dari China sejak tahun 2697 sebelum masehi.

Dilansir The Epoch Times, Selasa (25/9/2018), berikut manfaat sarapan bubur di pagi hari menurut budaya dan literasi asal China.

1. Sistem Pencernaan

Bubur dipercaya dapat menghangatkan sistem pencernaan, termasuk lambung dan limpa. Limpa memiliki bagian penting, dari sistem kekebalan tubuh manusia. Agar tubuh dan limpa berfungsi dengan baik, nutrisi yang terdapat dalam bubur dapat membantu mengoptimalkan fungsi organ. Hal ini sudah diteliti oleh dunia medis China ribuan tahun lalu.

2. Meningkatkan Energi

Bubur adalah menu sarapan terbaik di pagi hari, karena kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi energi. Setelah tubuh terbagun dari tidur, tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan organ dan sistem dalam tubuh. Sehingga menyantap bubur yang hangat, dapat mendorong energi agar tubuh berkerja secara efisien.

3. Detoks Racun

Bubur tidak hanya enak dan gurih saja, tapi hidangan ini berfungsi untuk mendetoks tubuh lewat kelenjar keringat. Suhu bubur yang panas, dapat menghangatkan tubuh kita serta membantu sirkulasi darah. Keringat yang keluar setelah menyantap bubur, merupakan hasil racun yang terdetoks. Bubur juga ampuh lho untuk mengobati flu.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda memiliki masalah sulit tidur, santap saja bubur secara rutin setiap paginya. Karena itu akan meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini sudah dibuktikan oleh seorang penulis bernama Su Shi, dari Dinasti Song (1279), yang menjelaskan khasiat bubur dalam membuat tidur lebih nyenyak.

5. Menyehatkan Tubuh

Ternyata ada alasan mengapa orang sakit selalu diberi bubur. Menurut tokoh Zhang Zhongjing, dari Dinasti Han. Ia mengatakan bahwa bubur dapat membuat obat berkerja lebih baik. Menyantap bubur setelah meminum obat, terutama obat herbal dapat meningkatkan efeknya.

6. Rendah Kalori

Jika sedang berdiet, bubur cocok dan sempurna untuk sarapan yang mengenyangkan. Bubur dapat menurunkan berat badan, asal bubur disantap tanpa kacang, kerupuk, hingga kecap. Satu mangkuk bubur polos berkisar sekitar 150 kalori, jauh lebih rendah dari makanan lain. Agar nutrisinya pas, bisa tambahkan suiran daging ayam atau telur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here