BERBAGI

Bandarlampung (Netizenku.com): Perlombaan Pramuka Penggalang se-Provinsi Lampung diikuti ratusan peserta dari 80 SMA dan SMK se-Lampung.

Lomba tersebut mengusung tema ‘Kibarkan Kembali Semangat Membangun Prestasi Tunas Muda Karana dengan Sportivitas dan Kreativitas’.

Menurut Kepala SMAN 15 Bandarlampung Ngimron Rosadi, kegiatan unjuk prestasi pramuka ini merupakan salah satu bentuk patriotik.

“Kegiatan ini bertujuan membentuk kepribadian yang berahlak mulia dan menjunjung tinggi nilai bangsa demi tegaknya NKRI, serta mengamalkan Pancasila, di lingkungan hidup, khususnya para siswa,” ucapnya saat memberi sambutan, Minggu (30/9/2018).

Kegiatan yang melombakan pionering, baris berbaris, cerdas Cermat itu juga bisa dijadikan wadah sosial.

“Selain pandai bersosialisasi,  cekatan dan berani, tentunya siap terjun ke masyarakat yang bermartabat, sebagaimana tekad kita yaitu satu pramuka untuk satu indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung, Idrus Effendi mengatakan, ketrampilan lain yang didapat dari kepramukaan adalah pengembangan diri dan kreatifitas.

“Barbagai jenis kegiatan berupa permainan pemecahan masalah menjadikan pramuka lebih menarik dan menantang,” kata dia.

Ia juga berharap, gerakan pramuka dapat mendidik dan membina kaum muda agar kelak menjadi kader-kader yang berjiwa Pancasila dan berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur, yang kuat mental dan sehat spiritual dan jasmaninya, beriman dan bertaqwa cerdas dan kuat fisiknya.

“Dalam sejarah perjuangan bangsa, pemuda memiliki peran penting dalam hal-hal yang bernilai, pemuda dituntut tidak hanya cerdas secara fisik, tetapi juga cerdas emosional. Pemuda diharapkan dapat mengahadapi berbagai macam tantangan disetiap aspek kehidupan,” pungkasnya. (Aby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here