oleh

Sat Samapta Polres Pesawaran Laksanakan Pembaretan kepada 23 Baja

Pesawaran (Netizenku.com): Sat Samapta Polres Pesawaran Polda Lampung melaksanakan tradisi pembaretan kepada 23 Bintara Remaja (Baja) di Gunung Betung yang terletak di Desa Wiyono, Kecamatan Gedongtataan, Sabtu (06/08).

Dipimpin langsung Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, didampingi Wakapolres Kompol Muhammad Riza diikuti para Pejabat Utama (PJU) Polres, personel Perwira dan Bintara serta seluruh Bintara Remaja (Baja) berangkat dari Mako Polres menuju Desa Wiyono dengan berjalan kaki ke Gunung Betung untuk menguji nyali dan mental para Baja.

Kapolres Pesawaran menyampaikan, pelaksanaan kegiatan upacara penutupan Binkatpuan dan Pembaretan ini dilaksanakan mendasari dari Surat Telegram Kapolda Lampung Nomor : St/494/VII/Kep/2022 Tanggal 07 Juli 2022 Tentang pengangkatan dalam jabatan dilingkungan Polda Lampung terhadap Bintara Polri lulusan tahun 2021.

Baca Juga  Tekab 308 Pesawaran Gelar Operasi Ketupat Krakatau

“Dalam hal ini Polres Pesawaran mendapatkan Baja sejumlah 23 orang, sungguh merupakan suatu kebahagiaan tersendiri, saya dapat hadir dalam kegiatan ini sekaligus memasangkan baret kepada Baja Polres Pesawaran,” kata Kapolres.

Diutarakan Kapolres, pembaretan merupakan suatu wujud kebanggaan bahwa baret yang dikenakan sekarang ini bukan semata-mata mudah mendapatkannya, butuh perjuangan, tantangan dan rintangan dalam menggunakan baret tersebut.

“Besar harapan institusi Polri dapat menjalankan tugas-tugas kepolisian dengan baik sebagai pengayom, pelayan dan pelindung masyarakat serta menjadikan momentum ini menjadi angkatan yang solid, kompak dan bertanggung jawab, jangan ada perasaan dongkol dalam melaksanakan kegiatan ini, laksanakan dengan ikhlas,” ucapnya.

Baca Juga  Panwas dan PPL Diminta Kerja Profesional

Sebagaimana diketahui bersama, lanjut Kapolres, kegiatan ini awal di mana Baja akan mengabdi sepenuhnya di kepolisian khususnya di Polres Pesawaran, Baja akan menjadi operasional pasukan Sat Samapta di mana tugas-tugasnya meliputi pengaturan, penjagaan dan patroli tentunya akan bersentuhan dengan masyarakat langsung. Sat Samapta merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas kepolisian yang mempunyai peran preventif atau pencegahan, untuk itu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, kerja ikhlas, kerja cerdas.

“Besar harapan dari saya selaku pimpinan Polres Pesawaran dengan dilaksanakan kegiatan pembinaan peningkatan kemampuan (Binkatpuan) dan pembaretan Baja Polres Pesawaran memiliki mental-mental baja, tangguh, kokoh dan trengginas, inilah rumah kalian Polres Pesawaran, cintai dan harumkanlah namanya sehingga kalian bangga terhadap institusi dan almamater,” harapnya.

Baca Juga  M Nasir Ikut Kritisi Wacana Pembangunan Dua Gedung di Pesawaran

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, dalam hal ini munculnya varian baru Covid-19, jangan lupa tetap mematuhi Protokol Kesehatan dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 dengan cara patuhi 6M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Melakukan vaksinasi).

“Sebagai penutup marilah kita bersama-sama berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, supaya selalu diberikan kekuatan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, demi mewujudkan pengabdian terbaik kita, semoga tuhan yang maha esa senantiasa memberikan berkat, penyertaan dan pertolongan kepada kita semua dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara demi Polri yang presisi,” tutupnya. (Soheh/Leni)