BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Kesadaran masyarakat Lampung Barat, untuk menjalankan protokoler kesehatan dalam rangka menyambut new normal, masih rendah. Hal itu terpantau saat razia Satgas Penegakan Disiplin (Gakplin) di depan komplek Pemkab setempat, Senin (15/6).

Dandim 0422 Lampung Barat, Letkol Czi Benny Setiawan, M.Han, yang memimpin langsung, operasi gabungan dari Kodim 0422, Polres Lampung Barat, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, BPBD dan Inspektorat, mengatakan, kegiatan tersebut sekaligus sosialisasi dimulainya new normal di wilayah Lampung Barat.

“Lampung Barat sudah menjalankan new normal, tetapi kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokoler kesehatan, seperti menggunakan masker saat keluar rumah masih rendah,” kata Benny.

Beberapa kali melakukan razia, masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker. Tetapi karena ini masih tahap sosialisasi, sanksi yang dijatuhkan hanya sebatas diminta kembali ke rumah untuk mengambil masker, dan bagi yang tidak memiliki diberikan secara gratis.

“Berbagai alasan diungkapkan warga yang terjaring tidak menggunakan masker, bagi yang alasannya ketinggalan di rumah, kami suruh putar balik, yang bawa tapi tidak digunakan kami suruh pakai, dan apabila mengaku belum punya, kami berikan secara gratis,” jelas Benny yang juga Dansatgas Gakplin Lampung Barat.

Disampaikan Dandim, walaupun di Lampung Barat sudah nihil, tetapi saat ini penularan virus Covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi. Tetapi untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjalankan aktivitas, maka diberlakukan new normal. Maka yang dibutuhkan sekarang kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokoler kesehatan.

“Walaupun di wilayah kita sudah nihil dan tidak ada kasus baru, tetapi harus tetap waspada, dan mari kita bersama-sama memutus rantai penyebaran dan penularan dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta physical dan social distancing,” tandas Benny, pada kegiatan yang juga dihadiri Kapolsek Balik Bukit, Iptu Syamsul Bahri. (Iwan/leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here