BERBAGI

Bandarlampung (Netizenku com): Rumah Keluarga Indonesia (RKI) dan Lembaga Amil Zakat Daerah dan Dompet Amal Insani (LAZDAI) Lampung, menggelar mini workshop dukungan psikologis untuk anak di daerah bencana, di Aula Kantor PKS Bandarlampung, Jumat (11/1).

Sebanyak 40 peserta hadir dalam acara yang dipandu oleh psikolog, Yeti Widiati.

Dalam mini workshop tersebut, Yeti menjelaskan tentang tingkatan bencana, tahapan penanganan bencana dan konsep evaluasi bencana.

Peserta juga diajari cara menginventaris gejala trauma pada anak serta cara melakukan pendampingan dan memfasilitasi perubahan agar si anak kembali normal beraktifitas seperti biasa.

Ketua RKI Bandarlampung, Yuni Karnelis menjelaskan, mini workshop ini penting bagi kader perempuan PKS. Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, penanganan terhadap korban bencana alam biasanya hanya seputar mencukupkan kebutuhan fisik atau logistik saja.

“Sedangkan kemampuan untuk melakukan trauma healing pada anak anak korban bencana sangat minim. sehingga hari ini kita adakan workshop ini sebagai tambahan ilmu untuk kader PKS saat turun membantu korban bencana alam,” jelasnya.

Yuni juga memberikan syarat tegas kepada peserta yang hadir pada workshop ini, yaitu bersedia turun ke lokasi bencana bila ditugaskan.

“Karena ini sangat serius, syarat ini tidak bisa ditawar-tawar. Jadi yang hadir pada workshop kali ini benar-benar siap turun ke lapangan”, pungkas Yuni. (Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here