oleh

PT KAI Drive IV Tanjungkarang Layani Kesehatan Gratis di Rail Clinic

Bandarlampung (Netizenku.com): PT KAI Drive IV Tanjungkarang Provinsi Lampung, menggelar pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat pada tujuh stasiun di atas Kereta Sehat (Rail Clinic).

Kepala Drive IV Tanjungkarang, Suryawan Putra Hia mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian sosial PT KAI terhadap masyarakat sekitar rel atau stasiun kereta api.

\”Ada 14 para medis yang siap melayani warga. Kami berharap bisa ikut membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,\” katanya di sela-sela Rail Clinc untuk warga sekitar Dipo Lokomotif Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (8/5).

Suryawan Putra Hia juga berharap, masyarakat sekitar jalan rel ikut merasakan manfaat Rail Clinc dan turut menjaga keamanan dan kelancaran perjalanan KA serta Aset PT KAI.

Baca Juga  Ketua Granat Lampung Dukung Penuh Kerjasama Partai Golkar-BNN

Rabu (9/5), Rail Clinc akan melayani masyarakat sekitar Stasiun Labuanratu yang akan dihadiri Manajemen PT KAI Divre IV Tanjungkarang, kepala puskesmas, Dinas kesehatan Kota Bandarlampung, lurah dan tokoh masyarakat.

\"\"

Di Rail Clinic, kata Manager Humas PT KAI Tanjungkarang, Franoto Wibowo, sejumlah paramedis akan melayani kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama untuk monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan ruang bersalin.

Di kereta pertama, Rail Clinic melayani seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau CPR, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung, hingga penanganan kasus trauma.

Baca Juga  Herman HN Bantu Korban Rumah Rubuh dan Ruko Terbakar

Sementara, di kereta kedua, terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan edukasi serta ruang farmasi. Rail Clinic menyiapkan dokter umum, gigi, kandungan, bidan, apoteker , petugas laboratorium, dan petugas poli mata.

Peralatan medis untuk pemeriksaan mata juga sudah menggunakan alat digital, dental unit pada Rail Clinic ini pun dilengkapi TV monitor sehingga memudahkan pemeriksaan gigi .

\”Kereta Sehat (Rail Clinic) ini merupakan retrovit kereta rel diesel (KRD) yang dimodifikasi dan dilengkapi fasilitas dan alat-alat kesehatan yang cukup modern, serba digital dan terdapat tempat/pintu evakuasi bagi pasien dalam keadaan darurat,\” jelasnya.

Rail Clinic juga melayani pemeriksaan poli umum, poli gigi, poli mata, kesehatan ibu anak, kandungan (USG), laboratorium pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, dan pemberian obat-obatan secara cuma-cuma serta pemberian kaca mata gratis bagi siswa SD.

Baca Juga  Hari Air Sedunia, YKWS: air untuk kesejahteraan masyarakat

Pengobatan gratis kali ini PT KAI Drive IV Tanjungkarang menyiapkan 14 tenaga medis yang terdiri dari dua dokter gigi, dua dokter umum, dua bidan, dua apoteker, dua petugas poli mata, dua petugas lab, dua perawat.

\”Ada 200 masyarakat sekitar Dipo Tarahan dan 200 masyarakat sekitar Stasiun Labuanratu yang telah diundang lurah dan jajaran sekitar stasiun untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis di Rail Clinic.\” (*/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *