oleh

Polisi Gandeng Ulama Sebagai Mitra Kerja Kamtibmas

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Berbagai langkah dan upaya dalam rangka menjaga dan meningkatkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) terus dilakukan oleh pihak Kepolisian. Salah satunya adalah dengan menggandeng para ulama sebagai mitra kerja dalam menyampaikan edukasi tentang Kamtibmas, termasuk berbagai potensi yang dapat mengancam situasi kondusif di tengah-tengah masyarakat.

Para ulama tersebut pun ditempatkan dalam sebuah wadah yang disebut dengan Da\’i Kamtibmas. Dengan demikian, kehadiran Da\’i Kamtibmas tersebut memiliki peranan penting dan diharapkan dapat mendukung tugas Kepolisian untuk menciptakan situasi kondusif, aman, sejuk dan damai di tengah masyarakat.

Baca Juga  Pengurus PWI Tubaba Periode 2019-2022 Dikukuhkan

Di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Da\’i Kamtibmas baru saja dikukuhkan, Rabu (13/1) pagi di Brugo Cottage-Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah. Kapolres Tubaba, AKBP Hadi Saepul Rahman, S.I.K, dan Bupati, Hi. Umar Ahmad SP, hadir langsung dalam pengukuhan itu. Segenap anggota Forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat juga turut menyaksikan acara tersebut.

Baca Juga  Brigpol Harianto Terima Penghargaan Polisi Teladan Tingkat Polda Lampung

AKBP Hadi Saepul Rahman mengatakan, pengukuhan da\’i Kamtibmas dalam rangka ketahanan nasionalisme agar Tubaba semakin maju, terutama masalah keamanan.

\”Hal ini tentunya untuk mewujudkan situasi aman, damai dan tentram di daerah ini,\” terangnya.

Sembari berdakwah, lanjutnya, Da\’i Kamtibmas diharapkan dapat menyampaikan edukasi terutama dalam rangka mencegah radikalisme, terorisme, intolerisme dan narkoba kepada masyarakat.

\”Melalui para kiyai, da\’i, alim ulama dan tokoh agama inilah yang menurutnya masih murni, sehingga apa yang disampaikan pun akan lebih didengar oleh masyarakat,\” ujarnya.

Baca Juga  Ide Si Cantik Layani Masyarakat Tiga Kecamatan di Tubaba

Sementara itu, Umar Ahmad menyampaikan apresiasi atas terbentuknya Da\’i Kamtibmas di daerah setempat, serta berharap keberadaanya dapat mendukung tugas-tugas kepolisian dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Ia juga mengimbau agar semua pihak tidak mudah terprovokasi terhadap hal-hal yang dapat merusak kerukunan antar umat beragama. Selain itu, dia juga berpersan agar para da\’i dalam menyampaikan dakwahnya juga memperhatikan situasi yang berkembang saat ini. (Ar/len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *