oleh

PGRI Bandarlampung Berharap Gaji Guru Honorer Setara UMR

Bandarlampung (Netizenku.com): Ketua PGRI Bandarlampung, Yuni Herwanto, berharap gaji guru honorer setara dengan UMR (Upah Minimum Regional).

“Alangkah baiknya kami mengharapkan supaya pembayaran guru juga setaraf dengan UMR,” kata dia usai peringatan Hari Guru Ke-76 dengan tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan” di Yayasan Pendidikan Baitul Jannah, Kamis (25/11).

Yuni menjelaskan, saat ini, terdapat 3.000 guru yang tergabung dalam PGRI Bandarlampung dari 5.500 guru SD dan SMP, baik negeri maupun swasta, dengan jumlah guru honorer sebanyak 4.000 orang.

Baca Juga  Eva Dwiana Tekankan Kerjasama Orang Tua dan Sekolah di Hari Guru

“Kalau di sekolah itu kan honornya sangat kecil, ada yang sebulan Rp250.000-Rp300.000 mengajar dua hari seminggu,” kata dia.

“Jadi 8 hari dengan gaji Rp300.000 sebulan, enggak sampai Rp50.000 sehari sekali pertemuan,” lanjut Yuni.

Dia mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat dengar pendapat bersama pemerintah kota agar patokan gaji guru honorer yang selama ini dibayar sukarela disetarakan dengan UMR.

Baca Juga  Hari Guru 2021, Sekolah Bermutu Butuh Biaya 'Jer Basuki Mawa Beya'

“Guru yang tergabung di PGRI sekarang sudah masuk ketenagakerjaan, yang alhamdulillah UMR tahun ini naik Rp50.000,” tutup dia. (Josua) 

Baca Juga: Hari Guru 2021, Sekolah Bermutu Butuh Biaya ‘Jer Basuki Mawa Beya’https://netizenku.com/hari-guru-2021-sekolah-bermutu-butuh-biaya-jer-basuki-mawa-beya/