BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Ketua SMSI Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Lampung, Doni Irawan resmi melantik kepengurusan SMSI Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba)  masa bhakti 2020 – 2025 yang diketuai Mukadam.

Pelantikan berlangsung di Kantor SMSI Tubaba, di Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu (25/11).

Hadir dalam pelantikan tersebut, Bupati Tubaba Umar Ahmad, SP, Forkopimda, Wakapolres Kompol Tri Hendro Prastyo, SH, Ketua SMSI  Lampung Doni Irawan, perwakilan pengurus SMSI Pusat Yuliardi, SIP, MH, Ketua PCNU H. Nurhadi, S.Pd.I, Ketua IWO Tubaba Abdi Fathoni, Ketua KWRI Tubaba Mirhan, sejumlah pemilik media, serta tokoh masyarakat.

Ketua SMSI Lampung Doni Irawan mengatakan hadirnya SMSI berawal dari pemikiran para senior dan pimpinan PWI seluruh Indonesia yang melihat pertumbuhan media online yang kian marak dan berada di luar jalur kaedah jurnalistik.

“SMSI adalah organisasi yang sama-sama konstituen Dewan Pers dan SMSi terlahir dari pikiran para petinggi PWI yang menganggap perlunya pelurusan pemberitaan dibidang siber yang sudah sangat jauh dari kaedah dan aturan jurnalistik,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta kepada media yang tergabung dalam SMSI , harus menumbuhkan berita yang akurat dan berimbang,.

“Saya pun berharap SMSI Tubaba mampu melakukan bimbingan bagi para media siber untuk melengkapi segala bentuk kelengkapan sebagai media hingga tidak terjerat UU ITE. Dan bagi yang  memiliki website untuk melengkapi segala persyaratan medianya sehingga memiliki akta perusahaan dan berbagai persyaratan lainnya,” tutupnya.

Ditempat yang sama Juniardi, SIP,MH juga mengajak pengurus SMSI di Tubaba untuk mengkanter berita hoax. Karena saat ini banyak informasi yang berasal dari sosial media. Dan media siber diharapkan dapat memberikan pencerahan dan menggali informasi yang disuguhkan dengan berita yang berimbang.

“Kepada rekan-rekan pengurus SMSI kiranya bisa menangkal berita bohong. Menulis berita harus didapat dari sumber,  jangan menulis berita bohong. Tugas media siber meluruskan informasi kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad, SP menyambut baik kehadiran SMSI di bumi Ragem Sai Mangi Wawai. Dengan hadirnya SMSI diharapkan dapat berpartisipasi dalam memajukan daerah.

“Kami ucapkan selamat kepada rekan-rekan pengurus SMSI yang telah dilantik, semoga bisa menjadi mitra pemerintah daerah dengan memberikan berita yang akurat dan berimbang. Dengan semangat profesionalisme jurnalis dan berpegang pada kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Juniardi berharap kepada rekan-rekan sekalian untuk konsisten menyajikan pemberitaan yang berimbang, proporsional dan bertanggungjawab. Memberi nilai manfaat bagi masyarakat dengan pemberitaan yang informatif dan edukatif, serta tentunya menghindari pemberitaan yang bersifat bohong (hoax), fitnah maupun provokatif. Sehingga terciptanya sinergitas antara SMSI dengan pemerintah daerah.

Bupati Tubaba Umar Ahmad  mengajak awak media untuk dapat berkontribusi langsung di dalam melaksanakan pembangunan di kabupaten Tubaba.

“Sayapun mengajak rekan-rekan media untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui perannya sebagai kontrol sosial terhadap jalannya pemerintahan dan menjembatani antara pemerintah dengan masyarakat. Dalam sebuah demokrasi, terdapat empat pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu eksekutif sebagai fungsi pemerintahan, legislatif sebagai fungsi aspirasi rakyat, yudikatif sebagai fungsi hukum dan yang terakhir adalah pers yang menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial,” pungkasnya.(Arie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here