BERBAGI

Lampung Tengah (Netizenku.com): Pemkab Lampung Tengah melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melaunching program kartu uji berkala terintegritas online gotong royong  (KitoGo). Program pelayanan uji keur online itu merupakan yang pertama di Provinsi Lampung dan Sumatera.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menjelaskan, pihaknya akan mendukung penuh program pemerintah pusat, termasuk program pelayanan terintegritas penuh. Kedepan, tak hanya Dishub, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) pun akan dilakukan integrasi pelayanan online.

“Ini merupakan program terintegritasi pertama di OPD Lamteng, sehingga menjadi contoh untuk OPD lainnya di Lamteng. Kedepan, kita akan targetkan seluruh pelayanan online bisa dijalankan hingga tahun depan,” kata Bupati Loekman Djoyosoemarto.

Dengan adanya program terinteritas online lanjut bupati, dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam pelayanan uji keur. Selain itu, pelayanan yang bisa didapat masyarakat juga dapat lebih ditingkatkan lagi kualitasnya.

Kepala Dishub Lamteng Syukur Kersana menjelaskan, program KitoGo dalam rangka peningkatan kinerja memberikan pelayanan keur. Selain itu, program yang telah dilaksanakan di 13 kabupaten sebelumnya di seluruh Indonesia itu  merupakan inovasi dalam menjawab tantangan zaman.

“Pelayanan uji keur ini dilengkapi bank dan BPJS Ketenagakerjaan. Ini merupakan (program terintegritas) pertama di Provinsi Lampung. KitoGo dalam rangka peningkatan kinerja dalam pelayanan serta pengikatan inovasi di Dinas Perhubungan,” terang Syukur Kersana.

Tak hanya itu lanjutnya, Dishub Lamteng merupakan satu-satunya yang mendapatkan akreditasi B dari Kementrian Perhubungan sejak Oktober 2018 lalu. Sehingga, dengan akreditasi yang didapat Dishub Lamteng satu-satunya yang bisa menjalankan uji keur di Provinsi Lampung.

Kasubdit Uji Berkala Direktorat Perhubungan, Buang Turasno yang juga hadir dalam launching KitoGo menjelaskan, baru ada enam provinsi di Dinas Perhubungan yang terintegrasi dengan program online. Ia mengatakan, Lampung diwakili oleh Kabupaten Lampung Tengah.

“Lampung Tengah (Dishub) menjadi kabupaten ke 14 yang menjalankan program terintegrasi ini. Tapi yang pertama di Pulau Sumatera dan Provinsi Lampung,” terang Buang Turasno.

Buang menyatakan, pihaknya akan mendukung program Pemkab Lamteng yang akan terus meningkatkan akreditasi dari B menjadi A. Namun begitu lanjut Buang, belum ada satu provinsi pun yang mendapatkan nilai A di seluruh Indonesia.(ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here