Membangkitkan Kenangan De Berouw Lewat \’Samudra Krakatau\’

Redaksi

Rabu, 7 Februari 2018 - 22:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandarlampung (Netizenku): Pemprov Lampung menggandeng Bank Lampung membangun replika kapal Belanda ‘De Berouw’ untuk peningkatan sektor ekonomi di bidang pariwisata kelautan.

Kapal wisata yang bernama ‘Samudra Krakatau’ ini resmi diluncurkan oleh Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, di galangan kapal rakyat, Desa Suka Maju, Bandarlampung, Rabu (7/2).

Dalam sambutannya, Bachtiar mengatakan pembuatan kapal wisata ‘Samudra Krakatau’ merupakan hal yang sangat baik. Dan ini adalah bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Lampung. “Semua ini kita lakukan untuk kepentingan pariwisata Lampung dan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,” ucapnya.

\"\"

Wagub menjelaskan, saat ini pemprov terus menggalakkan pembangunan, termasuk pariwisata. “Pemerintah Provinsi Lampung sedang galak-galaknya melakukan pembangun di berbagai sektor, salah satunya di sektor pariwisata. Semoga dengan adanya kapal wisata Samudra Krakatau ini, mampu meningkatkan pariwisata di Lampung, terutama dalam meningkatan perekonomian masyarakat,” harap Bachtiar.

Pemprov menyebutkan jumlah kunjungan pariwisata di Lampung terus melonjak, bahkan saat ini berada di atas rata-rata nasional. Banyaknya jumlah kunjungan tersebut, harus diimbangi dengan suatu sistem yang bagus dan terstruktur, serta peningkatan sinergisitas antarberbagai pihak. “Ketika kita telah siap dan memiliki suatu sistem yang baik, maka Lampung akan semakin mem-booming seperti Bali,” jelas Wagub.

Baca Juga  Oktober, Novotel Lampung Gelar \'Special Food Promotion\' Sebulan Penuh

\"\"

Sementara itu, Ketua Yayasan Pilar Krakatau, yang juga menjadi desainer kapal Samudra Krakatau, Muhammad Habibie menjelaskan, kapal ‘Samudra Krakatau’ merupakan kapal yang terinspirasi dari kapal De Berouw dari Belanda. ”Saya bukan membicarakan kapal Belanda, tetapi ini kapal bersejarah yang terhempas dari Gunung Krakatau saat terjadinya musibah letusan Gunung Krakatau.

Dengan adanya kapal ini, diharapkan mampu menjadi ikon baru di Provinsi Lampung. Kita sudah memiliki tapis dan gajah, namun harus punya terobosan baru di bidang pariwisata untuk menarik wisatawan ke Lampung. Salah satunya dengan adanya kapal ‘Samudra krakatau’,” ujar Habibie.

Baca Juga  BI dan BAPPEDA Gelar Forum Ekonomi Lampung

Pada kesempatan itu, Wagub Bachtiar Basri juga menyerahkan penghargaan kepada Yayasan Pilar Krakatau atas pengembangan wisata bahari, pemberian penghargaan kepada Rachmadi atas kontribusinya dalam pembuatan kapal wisata, serta penyerahan kapal dari Direktur Yayasan Pilar Krakatau, Muhammad Habibie, kepada pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Toga Mahaji, yang kemudian diserahkan kepada Kelompok Sadar Wisata Cinta Bahari, Suhendi.

Kapal yang terinspirasi dari kapal Belanda De Berouw, yang terhempas saat peristiwa meletusnya Gunung Krakatau ini, memiliki rute ke Pulau Pahawang dan sekitarnya, yang dapat dinikmati masyarakat.(Aby).

Berita Terkait

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran
2 Unit Tambahan Mobil Pemadam Isi Pos Labuhan Ratu dan Telukbetung Utara
Ditutup Sementara, Gudang Bungkil Way Laga Diminta Keluarkan CSR
Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Coffee Morning dengan Insan Pers
Dispora Bakal Lakukan Digitalisasi Gelora Siger Way Halim
Dinilai Anggap Remeh, KPU Bandarlampung akan Didemo 
Gelora Siger Way Halim Ditarget Rampung Oktober
Partai Perindo Lampung Gelar Fit and Proper Test Calon Bupati dan Wakil Bupati Tubaba

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:04 WIB

Tantangan dan Kendala Penanganan TBC di Lampung

Jumat, 14 Juni 2024 - 14:07 WIB

IKM Lampung Didorong Kantongi Sertifikat TKDN-IK

Kamis, 13 Juni 2024 - 20:45 WIB

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:18 WIB

Program Vokasi Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK di Lampung

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:15 WIB

Diskeswan Tingkatkan Upaya Pencegahan Penyakit Zoonosis pada Hewan Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:12 WIB

PPPA Himbau Masyarakat Berani Lapor Ketika Menjadi Korban Kekerasan

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:06 WIB

Pemprov Bakal Evaluasi PRL 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:05 WIB

PLH Gubernur Lampung Pimpin Rapat Perdana, Tekankan Keberlanjutan Program Kerja

Berita Terbaru