oleh

Lelang Ikan Peremajaan Kolam Islamic Center Tubaba Capai 8,163 Ton

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Peremajaan Kolam Islamic Center Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), dengan melakukan pelelangan ikan-ikan layak konsumsi mencapai total 8,163 Ton.

Hal itu berdasarkan laporan Ketua Pelaksana Kegiatan Peremajaan Kolam Islamic Center Tubaba, Saryo Hadi, saat rapat bersama dengan seluruh panitia terkait penyampaian hasil peremajaan di Masjid Baitus Shobur, Selasa (28/12) sekitar pukul 20.00 WIB.

“Alhamdulillah dari peremajaan Kolam Islamic Centre Tubaba selama 6 hari yang dilakukan secara berturut-turut sejak tanggal 20 Desember lalu, hari ini kita telah mendapatkan hasilnya dengan menggelar rapat sekaligus tasyakuran,” ungkap Saryo Hadi.

Menurutnya, berdasarkan data, perolehan hasil kegiatan peremajaan tersebut yakni, untuk panen ikan nila diperoleh sebanyak 3,562 ton, ikan mas sebanyak 622,4 Kg, dan ikan patin sebanyak 3,978 ton.

Baca Juga  Penanganan Kurang Maksimal, DPRD Segera Panggil Dinas Pol PP dan Kebakaran Tubaba

“Adapun total pendapatan dari hasil penjualan ikan diperoleh dana senilai Rp130.153.000. Dan dari hasil itu, Rp.14.100.000 ribu dikeluarkan untuk biaya pemanenan, dan Rp.1.800.000 untuk operasional kepanitiaan,” terangnya.

Dengan demikian, kata dia, total sisa saldo Rp114.253.000 yang telah diserahkan kepada Bendahara Masjid Baitus Shobur, Karyawanto.

“Dari sisa saldo itu, akan digunakan kembali untuk biaya normalisasi kolam Islamic Centre seperti penyedotan lumpur, dan juga pembelian bibit ikan patin, mas, jelabat, dan gurame. Setelah itu, barulah sisa saldo akan masuk kas Masjid Baitus Shobur,” ulas Saryo.

Baca Juga  Revitalisasi Progja, Fauzi Hasan Pimpin Rakor Kwarcab Tubaba

Lanjut dia, terkait normalisasi, maka akan dibantu oleh dinas terkait, termasuk pembelian bibit ikan yang akan dimulai pada Januari-Februari 2022, karena tugas kepanitiaan hanya sampai di pemanenan saja.

“Semua hasil peremajaan panen ikan ini sudah kita laporkan kepada Pemerintah Kabupaten Tubaba, yang mana memang peremajaan ini juga merupakan hasil kesepakatan dan arahan dari Pak Bupati Umar Ahmad karena melihat keadaan kolam yang sudah harus dilakukan normalisasi,” tuturnya.

Untuk diketahui, jelas dia, panen yang dilakukan tersebut dijual sebagian kepada pemborong sekitar 3 ton, dan sisanya dijual kepada masyarakat umum, juga ada yang dipilih khusus ikan mas dan patin untuk pemijahan oleh Dinas Perikanan yang nantinya untuk kembali ditebar di kolam Islamic Centre. Dan dari peremajaan ini, tidak semua dipanen, melainkan sebatas pengurangan isi kolam saja.

Baca Juga  Zaidirina Dengarkan Arahan Presiden Tentang Evaluasi P3DN Secara Virtual

“Diperkirakan masih ada sekitar 2 ton lebih berbagai jenis ikan yang kembali di tebar di kolam untuk menjaga icon Islamic Center Tubaba tersebut. Diharapkan dari kegiatan ini, dapat memberikan manfaat,” harapnya.

Dalam rapat kepanitiaan itu, turut dihadiri jajaran Dinas PUPR, Dinas Perikanan, pengurus masjid, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan elemen lainnya yang tergabung dalam unsur kepanitiaan. Dan dalam acara tasyakuran itu, dilaksanakan pula pembagian 28 paket sembako beserta santunan kepada masyarakat kurang mampu di lingkungan sekitar Komplek Islamic Centre.(Arie/leni)