oleh

Hari Pertama PTM, Disdikbud Sidak Sekolah 

Bandarlampung (Netizenku): Usai Idulfitri 1443 Hijriah, pembelajaran tatap muka (PTM) jenjang SMA/SMK/SLB di Provinsi Lampung, kembali dimulai pada Selasa (10/5).

 

Memastikan kegiatan belajar mengajar (KBM) berjalan baik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah sekolah pada hari pertama tersebut.

Antara lain sekolah yang dikunjungi, yakni SMKN 2, SMKN 3, SMKN 4 dan SMK 2 Mei Bandar Lampung. Sidak yang dikomandoi Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud, itu tidak menemukan adanya pelanggaran oleh pihak sekolah.

 

“Alhamdulillah hari pertama masuk sekolah, mayoritas guru dan siswa di SMK melaksanakan pembelajaran,” ujar Kabid PSMK Dra. Zuraida Kherustika, M.M, Selasa (10/5).

 

Ia menyontohkan di SMKN 2 Bandar Lampung, para siswa sudah mengikuti pembelajaran pada hari permata masuk sekolah. Begitu pula dengan SMKN 3 dan SMKN 4 Bandar Lampung.

 

“Kecuali untuk siswa kelas 11 ada yang sedang melaksanakan praktik kerja industri di luar sekolah, dan kelas 12 mereka tinggal menunggu pengumuman kelulusan,” ujar dia.

 

Sementara hasil sidak di SMK 2 Mei, lanjut dia, pihaknya belum mendapati siswa mengikuti pembelajaran. Sebab, pihak sekolah belum mengeluarkan kebijakan masuk sekolah.

 

Sementara Kepala SMKN 3 Bandar Lampung Dr. Elen Eduan, M.Pd, saat dijumpai media ini mengatakan pada hari pertama masuk sekolah hanya diikuti 320 siswa kelas 10.

Baca Juga  Pemprov Tandatangani Komitmen Penerapan SAKIP Bersama

 

Sedangkan siswa kelas 11, lanjutnya, sedang melaksanakan praktik kerja industri. “Kalau siswa kelas 12, meraka hanya menunggu kelulusan saja,” ujar Elen Eduan.

 

Ia mengatakan, siswa yang mengikuti PTM semua dalam kondisi sehat. “Seandainya ada yang sakit, kami izinkan untuk beristirahat.

Namun semua dalam kondisi baik,” tuturnya.

 

 

 

 

ITERA Siapkan 600 Komputer untuk Tes Seleksi

 

Bandarlampung (Lentera SL): Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menyiapkan sebanyak 600 komputer dengan spesifikasi sesuai yang dipersyaratkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022.

 

Pelaksanaan UTBK di ITERA akan dilaksanakan pada 17-19 Mei dan 21 Mei 2022 dengan total peserta sebanyak 2.918 orang. Total peserta UTBK di ITERA tersebut terdiri dari 2.031 peserta saintek, 649 peserta soshum, dan 238 peserta campuran.

 

Koordinator Pelaksana UTBK ITERA, Alviyanda, S.T.,M.T, menyampaikan pelaksanaan UTBK di ITERA akan dipusatkan di Komplek Gedung Kuliah Umum (GKU) dan Gedung Laboratorium Teknik (GLT) ITERA, dengan rincian GLT 1 dan GLT 3 untuk peserta kelompok ujian Saintek dan Soshum, sementara GKU akan digunakan untuk peserta kelompok ujian campuran.

Baca Juga  Vaksinasi Pelajar SMP, Takut KIPI Hingga Siap Belajar Tatap Muka

 

Sebagai persyaratan, saat mengikuti UTBK, seluruh peserta diwajibkan membawa kartu peserta ujian, Kartu Tanda Pengenal (KTP) dan fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi dari pihak sekolah. Bagi peserta ujian yang belum memiliki KTP dapat digantikan dengan surat perekaman KTP atau akta kelahiran.

 

Bagi siswa SMA/SMK/MA kelas XII yang belum memiliki ijazah juga dapat digantikan dengan Surat Keterangan Siswa Kelas XII dari sekolah asal yang dilengkapi pasfoto dan yang ditandatangani dan dicap oleh pihak sekolah.

 

Selain itu, peserta juga harus datang ke ITERA paling lambat 30 menit sebelum memasuki ruangan. Sebab bagi peserta yang datang terlambat tidak diperbolehkan mengikuti ujian.

 

Alviyanda menambahkan, karena pelaksanaan ujian masih dalam suasana pandemi, saat ini ITERA juga terus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Provinsi Lampung guna meminta arahan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) saat pelaksanaan UTBK.

 

Seluruh peserta diwajibkan menggunakan masker, membawa handsanitizer, dan memastikan suhu tubuh di bawah 37 derajat celcius.

 

Sesuai arahan dari Satgas Covid-19 Provinsi Lampung, para peserta wajib memenuhi beberapa persyaratan yaitu memindai barcode pada aplikasi PeduliLindungi saat memasuki tempat ujian untuk mengubah status menjadi check-in dan check-out.

Baca Juga  2020 Insentif Guru Honorer Bandarlampung Naik

 

Selain itu, peserta ujian yang berasal dari daerah/lokal minimal telah mendapatkan vaksin ke-2 dan peserta ujian yang berasal dari luar Provinsi Lampung telah melakukan vaksin booster (ke-3).

 

Dalam kondisi pandemi ini, peserta yang mengikuti ujian UTBK di ITERA juga wajib melihat informasi terkait prokes sesuai arahan dari Satgas Provinsi Lampung yang akan disampaikan melalui laman resmi panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) ITERA yaitu pmb.itera.ac.id dan akun resmi instargam PMB ITERA.

 

“Kami juga terus berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Lampung Selatan dalam penyediaan fasilitas kesehatan seperti ambulan dan petugas kesehatan untuk memperlancar pelaksanaan UTBK,” ujar Alviyanda.

 

Alviyanda menambahkan, peserta yang akan mengikuti ujian juga diperkenankan melakukan survei lokasi ujian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Peserta dapat melakukan survei sesuai jadwal yang akan diumumkan panitia melalui laman dan akun instagram PMB ITERA.

 

“Layout denah lokasi ujian juga akan kami share melalui website PMB ITERA dan akun instagram PMB ITERA, sehingga dapat membantu calon peserta tes,” ujar Alviyanda.

 

Saat mengikuti ujian, seluruh peserta juga diharapkan berpakaian rapi (kemeja) dan menggunakan sepatu. Peserta tidak diperkenankan membawa barang-barang berharga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.(red)