BERBAGI

Pringsewu (Netizenku.com): Ribuan ekor benih ikan jenis Jelabat ditabur di sejumlah embung dan sungai oleh Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu, Dr.H.Fauzi, Jumat (3/7).

Penaburan benih ikan yang didatangkan langsung dari Provinsi Jambi ini dilakukan Fauzi diantaranya di sungai Way Sekampung dan Telaga Ngudi Rukun, Pekon Sukoharjo I, Kecamatan Sukoharjo, Embung Pekon Podosari dan sungai Way Semah, Kelurahan Pringsewu Utara, serta Danau Cek Dam Padang Surya, Pekon Fajaragung, Kecamatan Pringsewu, kemudian Bendungan Pekon Bumiratu dan Embung Pekon Pamenang, Kecamatan Pagelaran, serta di sungai Way Tebu, Tiyuh Tuha Margakaya, Kecamatan Pringsewu.

Fauzi didampingi camat dan kepala pekon serta jajaran Dinas Perikanan setempat berharap benih ikan Jelabat yang ditabur tersebut dapat berkembang biak secara baik di Pringsewu, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya untuk menunjang kebutuhan gizi.

“Sekaligus dapat menambah varietas jenis ikan yang ada di Kabupaten Pringsewu. Terlebih, selama ini Pringsewu juga terkenal sebagai sentral perikanan air tawar di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Fauzi menambahkan, sedangkan beberapa embung dan telaga, terutama di Pekon Fajar Agung yang embungnya besar sangat layak untuk dijadikan wisata kedepannya.

“Diharapkan juga embung tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan pekon di kelola sebagai lokasi wisata. Apalagi pekon/desa mempunyai anggaran Bumdes, kalau bisa anggarannya dimasukkan ke sana agar ke depan bisa menambah penghasilan untuk pekon,” terangnya.

Di tempat terpisah Pj Kepala Pekon Fajar Agung, Syailendra Lubis, SE. Mengatakan, berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui wakil bupati yang telah memberikan bibit ikan yang ditaburkan di embung.

“Ke depan khususnya Pekon Fajar Agung untuk dana Bumdes akan dialokasikan ke pembangunan embung agar menjadi tempat pariwisata di Kabupaten Pringsewu dan akan menjadi penghasilan untuk kas pekon,” jelasnya. (Rz/leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here