BERBAGI

Pringsewu (Netizenku.com): Wakil Bupati Pringsewu, Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA, mengajak seluruh aparatur pemerintahan, baik kecamatan maupun pekon beserta masyarakat untuk bersama-sama menyikapi pandemi Covid-19 dan DBD.

Ajakan tersebut disampaikannya saat menjadi pembina apel pagi jajaran pemerintahan Kecamatan Sukoharjo di Balai Pekon Pandansari, Jumat (15/1).

Dikatakannya, situasi pandemi saat ini meskipun tidak diinginkan, namun mau tak mau harus dilalui. Jumlah kasus Covid-19 di Pringsewu, kata wabup, saat ini berjumlah 219 orang, 8 diantaranya meninggal, dan 34 orang sedang menjalani isolasi dan perawatan. Karena itu, pentingnya menjaga kesehatan dengan berdisiplin mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan sering mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, mengenakan masker, menjaga jarak fisik satu sama lain serta menghindari kerumunan.

Selain itu, ia mengatakan pada apel yang juga dihadiri Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon, Eko Sumarmi, Kadis PUPR, Imam Santiko, Camat Sukoharjo beserta KUPT Puskesmas, Kapekon Pandansari, Eko Paryoto dan Pj Kapekon Pandansari Selatan, Erly Y. Haqni, beserta jajaran perangkat pekon, jajaran pendidikan petugas kesehatan serta PLKB, pada musim penghujan saat ini, yang perlu diwaspadai adalah penyebaran penyakit DBD.

“Di Pringsewu jumlah penderita DBD itu jauh lebih banyak dari jumlah Covid-19. Di seluruh Provinsi Lampung, Pringsewu menempati urutan kedua terbanyak setelah Bandar Lampung dalam jumlah kasus DBD. Dari 131 pekon dan kelurahan se Kabupaten Pringsewu, hanya 10 pekon yang tidak terkena DBD. Dan, salah satu cara pencegahannya selain dengan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) adalah dengan menanam serai yang merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk,” katanya.

Terkait pelaksanaan pemilihan kapekon serentak, camat dan jajaran serta Pj Kapekon yang pekonnya menggelar pemilihan kapekon dan panitia untuk mempersiapkannya dengan baik, sehingga pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses serta kondusif. (Rz/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here