oleh

Dukung Pembangunan Sumbagsel, Menteri BUMN-Gubernur Lampung Hadiri Seminar Maspro

Bandarlampung (Netizenku): Menteri BUMN Erick Thohir hadiri dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi hadiri Seminar Nasional Jilid 4 yang diadakan oleh Maspro (Masyarakat Profesional) Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan), di Ballroom Hotel Novotel, Jumat (5/8).

Kegiatan Seminar Nasional ini merupakan seminar lanjutan dan mengusung tema ‘Komitmen DULUR KITO dalam Mendukung Ketahanan Pangan melalui Optimalisasi Keberadaan Ekosistem BUMN – Bersinergi dengan Program Kartu Petani Berjaya Pemprov Lampung Guna Semakin Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Lampung.

Dalam sambutannya Menteri BUMN Erick Thohir mendorong adanya pengembangan proyek strategis daerah (PSD) di Provinsi Lampung guna menopang perekonomian daerah.

“Saat ini Indonesia fokus ketiga hal yakni infrastruktur, hilirisasi industrialisasi dan digitalisasi. Oleh karena itu BUMN mendorong adanya transformasi secara internal ataupun bagi daerah sesuai arah Presiden,” ujar Erick Thohir.

Baca Juga  PT DHL: sertifikat Perumahan TKBM clear and clean

Ia menjelaskan, dalam mendorong transformasi telah diinstruksikan bahwa tidak hanya memerlukan proyek strategis nasional (PSN), namun perlu pula dibangun proyek strategis daerah (PSD).

“Telah diinstruksikan saat ini kita tidak hanya membutuhkan PSN tetapi perlu pula dibuat PSD untuk menumbuhkan ekonomi,” katanya.

Dia pun mendorong Provinsi Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera untuk menjadi pelopor pengembangan proyek strategis daerah.

“Kalau bisa Lampung jadi contoh pengembangan ini, tetapi proyek harus dilakukan bersama tidak masing-masing untuk membentuk satu ekosistem. Sehingga Lampung ini bisa menjadi penopang dan penyangga bagi daerah sekitar khususnya Jawa,” Paparnya.

Menurut dia, akan dibuat pula rencana pengembangan proyek strategis daerah untuk 10 tahun ke depan.

“Proyek strategis daerah ini akan dibuat rencana untuk 10 tahun ke depan, ini tujuannya saat ada pergantian pimpinan ditingkat nasional atau daerah program ini bisa tetap berjalan pro rakyat,” kata dia.

Baca Juga  Pasar Tani Bebas Bahan Berbahaya, Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Dia melanjutkan, dengan adanya pengembangan proyek strategis daerah, diharapkan ekonomi di daerah pun dapat bertumbuh secara baik.Kepala daerah di Lampung mari wujudkan ini sebab proyek strategis daerah ini di tunggu oleh Presiden,” Pungkasnya. (SB05)

Sementara itu, Gubernur Arinal menyampaikan perlunya percepatan pembangunan disegala bidang diwilayah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) untuk mendukung pembangunan nasional.

“Percepatan pembangunan di wilayah sumbagsel sangat di butuhkan dan sama-sama saling mendorong untuk membangun ekonomi, pembangunan infrastruktur termasuk soal konektivitas perlu kita percepat agar terbentuk aglomerasi Sumbagsel.” ucapnya.

“Dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu negara 5 terbesar ekonomi dunia. Indonesia akan menjadi sebuah kekuatan ekonomi, oleh karena itu penting harus mempunyai roadmap hilirisasi Sumber Daya Alam sendiri dan ketahanan pangan secara nasional khusus di wilayah Sumatera Bagian Selatan,” lanjutnya.

Baca Juga  Tawarkan Service Excellence Nasabah, BCA Relokasi KCU Metro

Terkait hal itu, Pemerintah Provinsi Lampung telah menjalin hubungan dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau. Gubernur berharap dengan kerjasama tersebut, Lampung bisa memberikan kontribusi dibidang pangan kepada provinsi lainnya di Indonesia.

Untuk diketahui, selain Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir,  seminar juga dihadiri Anggota DPR RI,  7 Direktur utama BUMN yang terdiri dari Direktur Utama PT. Telkom Indonesia, Direktur Utama PT RNI, Direktur Utama PT. Asuransi Jasindo, Direktur Utama PT. PLN, Direktur Utama PT. PTPN 7, Direktur Utama PT. Bank Mandiri, Direktur Utama PT. PUSRI sebagai pembicara.(red)