oleh

Bupati Tubaba Terima Penghargaan ITERA Adi Karsa Pratama

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad S.P, menghadiri acara sidang terbuka Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dalam rangka Dies Natalis ke-7 Tahun 2021, pada Rabu (6/9).

Sidang dipimpin oleh Rektor ITERA, Prof. Dr Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU bersama seluruh anggota Senat dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Lampung, Hj. Chusnunia Chalim, S.H., M.Si., M.Kn., Ph.D, perwakilan gubernur Sumatera Selatan, walikota Bandarlampung, para penerima penghargaan dari ITERA, civitas akademika serta seluruh mitra kerja ITERA, BUMN dan Swasta.

Dalam pidatonya, rektor ITERA menyampaikan bahwa gagasan besar pentingnya pendirian Institut Teknologi Sumatera lahir atas dasar kebutuhan engineer berkualitas di Indonesia.

Baca Juga  Komunitas Catur Harumkan Nama UIN di Perhelatan POMDA

“Pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan dua institut teknologi negeri yang ada di tanah air, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS),” kata┬áProf Mitra Djamal.

Pada kesempatan tersebut, Presiden, Ir. Joko Widodo, dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem A. Makarim, B.A., M.B.A., juga menyempatkan memberikan arahan secara daring.

Presiden mengucapkan Selamat Dies Natalis ke-7 kepada keluarga besar ITERA seraya mengharapkan ITERA bisa mengejar ketertinggalan sehingga dapat setara dengan perguruan tinggi lainnya.

“Bagi perguruan tinggi yang sudah berumur lebih dari setengah abad, mereka sedang berjuang untuk meremajakan diri, menghadapi kemajuan industri. Sedangkan ITERA, masih remaja, (sehingga) bisa langsung berinovasi dengan strategi-strategi baru yang lebih praktis, efektif, efisien serta memanfaatkan pijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka agar mahasiswa dapat belajar kepada siapa saja dan tentang apa saja,” ujar Joko Widodo.

Baca Juga  Menteri Agama Terbitkan Panduan Salat Idulfitri 1442 H

Sedangkan dalam arahannya, Nadiem A. Makarim menekankan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menentukan arah masa depan bangsa. Di antara beragam teknologi yang kita miliki, semuanya memiliki satu tujuan, yaitu membantu manusia dalam bekerja.

“Selama ini penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat menjadi jiwa dari pendidikan. Namun, kita masih memiliki tugas besar untuk meningkatkan hilirisasi luar riset di lingkup perguruan tinggi sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh banyak orang. Untuk mencapai itu, perguruan tinggi harus membuka peluang yang sebesar-besarnya dengan mitra dunia usaha, industri, masyarakat, non-profit dan lain-lain,” tambahnya.

Baca Juga  Penyelidikan UPT Penggelapan Pajak, Herman: Saya Setuju

Dalam kesempatan itu pula, ITERA memberikan apresiasi berupa penghargaan, kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi, membantu dan mendukung dalam percepatan pembangunan ITERA. Bupati Umar Ahmad mendapatkan penghargaan ITERA Adi Karsa Pratama yang diserahkan langsung oleh rektor ITERA. (Arie/len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *