BERBAGI
(Foto: Soheh/Nk)

Pesawaran (Netizenku.com): Bupati Pesawaran, Lampung,  Dendi Ramadhona membuka Festival Pahawang Ecotourism 2018, Sabtu (27/10/2018).

Bupati berharap dapat semakin meningkatkan keanekaragaman seni dan budaya di Bumi Andan Jejama, serta memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan daya tarik wisatawan lokal maupun manca negara, sehingga Kabupaten Pesawaran menjadi bumi wisata yang maju, makmur dan sejahtera.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pesawaran, saya menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak. yang telah mendukung terselenggaranya Festival Pahawang Ecotourism 2018 ini. yang merupakan salah satu upaya Pemkab Pesawaran untuk mempromosikan destinasi pariwisata kepada wisatawan,” kata Dendi. saat Opening Ceremony Festival Pahawang Ecotourism 2018.

Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan, dalam rangka mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi baik di masyarakat, regional, nasional maupun internasional.

“Oleh karena itu, sudah selayaknya pemerintah daerah bersama-sama dengan seluruh komponen turut berperan aktif dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Pesawaran, sebagai salah satu daerah yang dianugerahi potensi pesona keindahan alam, baik di perairan dan daratan,” ucap bupati.

Dijelaskan, Festival Pahawang ini adalah merupakan event tahunan Pemkab Pesawaran, dalam rangka mendukung program Kementerian Pariwisata, dimana target kunjungan wisatawan domestik sebanyak 275 juta wisnus pada 2018 dan 20 juta wisatawan manca negara.

“Indeks daya saing pariwisata Indonesia melesat naik 8 point, dari posisi 50 besar dunia ke peringkat 42 dunia,” terang Dendi.

Budaya, adat istiadat, kuliner dan kesenian adalah aset yang bukan hanya indah sebagai cultural value, tetapi juga menaikan nilai atraksi kawasan destinasi tersebut, karena 60% wisman yang datang karena alasan cultural, 35% nature dan 5% man made.

“Selaras dengan itu, Kabupaten Pesawaran menetapkan visi dalam RPJMP bahwa Kabupaten Pesawaran menjadi Bumi Wisata pada Tahun 2025,” ungkap bupati.

Dalam Festival Pahawang Ecotourism 2018 ada sembilan agenda kegiatan yang akan dilaksanakan, di antaranya 1000 Bikers goes to Pahawang, Fun Bike, Pahawang Fishing Tournament, International Diving & Snorkeling, Pahawang Beach & Food Carnival, Transplantasi Terumbu Karang, Jet Ski Exhibition, Tour Pagar Jaya & Tour de Wayang serta Deklarasi Anti Narkoba.

Dengan dilaksanakanya event tahunan ini, diharapkan terjalin sinergitas dengan unsur Pentahelix, yang merupakan kolaborasi lima unsur subyek atau stakeholder pariwisata di kawasan itu, di antaranya, Academician (akademisi), Business (asosiasi), Community (komunitas), Government (pemerintah) dan Media.

“Untuk itu, melalui kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, atas semangat dan kepeduliannya untuk mendukung pengembangan dan pelestarian objek wisata diwilayah Kabupaten Pesawaran khususnya di Pulau Pahawang ini dengan berbagai program dan kegiatan.” kata bupati. (soheh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here