oleh

Bandarlampung Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya 2020

Bandarlampung (Netizenku.com): Pemerintah Kota Bandarlampung berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya Tahun 2020. Sebelumnya pada 2018, pemerintah kota meraih APE Kategori Pratama.

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja keras atas peningkatan capaian tersebut.

“Alhamdulillah ini kerja keras dari teman-teman. Mudah-mudahan prestasi kita semakin (baik) walaupun masa pandemik,” kata Eva Dwiana saat meninjau PTM terbatas di SMPN  6 Bandarlampung, Senin (27/9).

Prestasi Pemerintah Kota Bandarlampung itu tertuang dalam surat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor: 72/Men/D.KG/KG.05/9/2021 tertanggal 21 September 2021, perihal Pemberitahuan Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 20201.

Baca Juga  Warga Sukabumi Merasa Ditipu, Uang Kas Masjid Dipakai Bangun Tower Provider

APE merupakan penghargaan yang diberikan sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/kembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi pengarusutaamaan gender (PUG).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Bandarlampung, Sri Asiyah, berharap di 2022 mendatang Kota Bandarlampung bisa meraih APE Kategori Utama.

“Insyaallah bisa memeroleh peringkat yang lebih tinggi lagi ke Utama dan semua program dan kegiatan di seluruh OPD sudah mengakomodir keseimbangan antara kepentingan perempuan dan laki-laki,” ujar dia didampingi Plt Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga, Adi Candra, saat ditemui di ruang kerjanya.

Baca Juga  Pemkot Perkuat Sistem Pendataan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

Adi Candra menambahkan setidaknya ada 7 komponen kunci yang menjadi indikator penilaian APE. Yakni Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, SDM dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender, dan Partisipasi Masyarakat.

“Semua program yang terkait kesetaraan dan keadilan gender sudah masuk dalam rencana strategis, baik jangka menengah, panjang, maupun tahunan. Bahkan di OPD sudah harus masuk dalam rencana kerjanya,” kata dia.

Surat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor: 72/Men/D.KG/KG.05/9/2021 tertanggal 21 September 2021 menyebutkan Pemerintah Provinsi Lampung berhasil meraih APE Kategori Utama.

Baca Juga  Eva Dwiana Tegur Satgas Covid-19 Razia Hiburan Malam Kerap Bocor

Sementara lima daerah meraih APE Kategori Madya yakni Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kota Bandarlampung, dan Kota Metro

Dan APE Kategori Pratama diraih Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Pesisir Barat.

Satu daerah, Kabupaten Tulangbawang Barat, tidak memperoleh APE Tahun 2021.

Acara puncak penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 akan dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada 13 Oktober 2021 secara virtual. (Josua)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *