Pj. Gubernur Lampung Pimpin Upacara Hari Santri 2024, Tegaskan Peran Santri dalam Meraih Masa Depan Bangsa

Eva Setiani

Selasa, 22 Oktober 2024 - 14:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Netizenku.com, Bandar Lampung — Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin, menjadi Inspektur Upacara dalam Rangka Hari Santri ke-9 Tahun 2024, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Selasa (22/10/2024).

Menteri Agama Republik Indonesia Prof. Dr. KH. Nasarudin Umar, MA dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Pj. Gubernur menyampaikan bahwa Hari Santri yang di peringati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum bagi semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah.

Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa “Resolusi Jihad” pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari.

Dalam fatwa “Resolusi Jihad” itu Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari menyatakan bahwa “…berperang menolak dan melawan penjajah itu fardlu ‘ain (yang harus dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam, laki-laki, perempuan, anak-anak, bersenjata atau tidak) bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh.”

Sejak Resolusi Jihad dimaklumatkan, para santri dan masyarakat umum terbakar semangatnya untuk terus berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mereka terus melakukan perlawanan kepada penjajah tanpa rasa takut. Hingga akhirnya, pecah puncak perlawanan masyarakat Indonesia pada tanggal 10 November 1945 yang di peringati sebagai Hari Pahlawan.

Baca Juga  Anggota DPRD Tondi Muammar Gaddafi Gelar Sosialisasi Perda Nomor 6 Tahun 2024

Peristiwa Resolusi Jihad tanggal 22 Oktober 1945 tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa 10 November 1945. Tanpa adanya peristiwa Resolusi Jihad, belum tentu terjadi peristiwa 10 November.

Pada peringatan Hari Santri Tahun 2024 ini Kementerian “Menyambung Agama Juang mengusung Merengkuh tema Masa Depan”. Tema ini mengingatkan pada salah satu bait dalam kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang berbunyi:

(Wama yalil mudhofa ya’ti Kholafa ‘anhu fil’irobi Idza ma khudzifa)

Bait itu menjelaskan bahwa “Seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiai, ketika sang kiai wafat.”

Seperti bait dari kitab Alfiyah tadi, tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” adalah sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena.

Baca Juga  Kain Tapis Digunakan Tokoh Nasional dalam Munas Dekranas Tahun 2020

Jika para pendahulu telah mewariskan nilai- nilai luhur untuk bangsa, maka santri masa kini bertanggung jawab untuk tidak sekadar menjaganya, melainkan juga berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik.

“Masa depan Indonesia ada di pundak kalian. Maka saya berharap Hari Santri tahun 2024 ini juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kita semua, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa,” ujar Menteri Agama RI

Santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apa saja. Santri bisa menjadi presiden, dan Indonesia punya presiden yang berlatar belakang santri, yaitu KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden, dan Indonesia punya wakil presiden berlatar belakang santri, yaitu KH. Ma’ruf Amin.

Banyak menteri yang berlatar belakang santri. Banyak pengusaha berlatar belakang santri. Banyak birokrat berlatar belakang santri. Sekali lagi santri bisa menjadi apa saja. Asalkan terus berjuang, terus berusaha, dan tidak menyerah.

Semua pasti bisa diraih. Seperti pepatah yang diajarkan di pesantren, “man jadda wajada”, barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.

Baca Juga  Peringati HUT ke-338 Kota Bandarlampung, Pemkot Gelar Istighosah

Maka kepada para santri Menteri Agama RI berpesan, “Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia.”

Pada kesempatan tersebut Menteri Agama RI juga menegaskan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren. Hari Santri adalah milik semua golongan. Hari Santri adalah milik seluruh elemen bangsa yang mencintai negaranya.

Oleh karena itu, Menteri Agama RI mengajak kepada seluruh komponen bangsa, apa pun latar belakangnya, untuk turut serta merayakan Hari Santri.

“Dan melalui momen apel Hari Santri 2024 ini marilah sejenak kita doakan pahlawan-pahlawan kita, ulama-ulama kita, santri-santri kita, yang telah gugur di medan laga demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga mereka ditempatkan di sebaik-baik tempat dan dikumpulkan dengan para syuhada,” ujar Menteri Agama RI

“Saya selaku Menteri Agama menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa yang saat ini sedang bersuka ria memeriahkan Peringatan Hari Santri 2024.” tutup Menteri Agama RI. (*)

Berita Terkait

Pemprov Lampung dan KPK Gelar Bimtek Perempuan Antikorupsi, Pj. Gubernur Samsudin Ajak Perempuan Jadi Pelopor Integritas
Pemprov Lampung Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, Bahas Kenaikan IPH dan Strategi Stabilisasi Harga Pangan
Pj. Gubernur Lampung Buka Acara Konser Kemanusiaan Lampung Peduli Palestina
Sibuk, Pelantikan Presiden Prabowo Miskin Komentar Pejabat di Lampung
Semarakkan HAORNAS ke-41, Pj Gubernur Lampung Lepas Peserta TopShop Color Run 2024
Pj. Gubernur Lampung Tutup Bazar Santri Expo 2024, Dorong Santri Berwirausaha dan Berkontribusi pada Ekonomi Lokal
Silaturahmi Kebangsaan di Tulang Bawang: Mirza-Jihan Sampaikan Pesan Prabowo dan Apresiasi Pembangunan Jokowi
Ikhtiar Reihana Lewat Kampanye Efektif Sukses Lambungkan Keterpilihan Nomor Urut 1

Berita Terkait

Minggu, 20 Oktober 2024 - 20:44 WIB

Tri Ajak Gen Z di Jambi Tingkatkan Kreativitas Melalui Generasi Happy 2024

Jumat, 18 Oktober 2024 - 21:42 WIB

PGN Kampanyekan Energi Baik Dongkrak Peningkatan Roda UMKM Lampung

Selasa, 15 Oktober 2024 - 18:06 WIB

Harga Komoditas Pangan di Lampung Naik Turun Tipis-tipis

Selasa, 15 Oktober 2024 - 18:00 WIB

Harga Barang Pangan di Lampung Stabil, Waspadai Spekulan!

Selasa, 15 Oktober 2024 - 15:40 WIB

Upgrade Aplikasi PGN Mobile Lebih Lengkap dan Mudah

Kamis, 10 Oktober 2024 - 21:29 WIB

Kepala Perwakilan BI Lampung Ajak Masyarakat Terus Cinta Rupiah

Kamis, 10 Oktober 2024 - 21:11 WIB

Pj Gubernur Lampung Cemaskan Indeks Perkembangan Harga Tiga Kabupaten Tinggi

Kamis, 3 Oktober 2024 - 12:49 WIB

Tri Perluas dan Perkuat Jaringan Hingga Area Pelosok Lampung

Berita Terbaru

Tulang Bawang Barat

Bayana Lantik 214 Pejabat Fungsional dan 315 PNS Baru di Tubaba

Selasa, 22 Okt 2024 - 18:21 WIB

Pringsewu

Pemkab Pringsewu Gelar Operasi Pasar Bersubsidi

Selasa, 22 Okt 2024 - 15:36 WIB