oleh

Zaidirina Resmikan Nuwo Bonsai PPBI Cabang Tubaba

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Penjabat Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Dr Zaidirina meresmikan Nuwo Bonsai milik Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Tubaba yang berada di Komplek Uluan Nughik, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu (29/6).

Peresmian itu ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pj Bupati Zaidirina dan pemotongan pita pembukaan Pameran Bonsai dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-76 tahun.

Penjabat Bupati Tubaba Zaidirina mengapresiasi digelarnya beberapa rangkaian HUT Bhayangkara, termasuk kegiatan pameran sekaligus peresmian Rumah Bonsai.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini. Kalau Gubernur mencanangkan Kabupaten Tubaba menjadi lumbung ternak rakyat khusus Sapi. Saya juga ingin Tubaba punya Tiyuh Bonsai, dan ini harus kita kembangkan sehingga Bonsai Tubaba punya keunikan dan ciri khas tersendiri,” kata dia.

Baca Juga  Polres Tubaba akan Gelar Operasi Cempaka Krakatau 2022

Dengan adanya Tiyuh Bonsai tersebut, lanjut Zaidirina, masyarakat yang akan belajar bagaimana teknik atau cara membuat Bonsai atau orang akan mencari Bonsai bisa datang ke Tubaba,”Bonsai ini harus kita kembangkan. Bonsai ini juga bisa masuk dalam kategori hiasan interior dan eksterior, ini juga bisa masuk dalam kerajinan yang diikutkan dalam program Dekranasda,” ujarnya.

Sementara, Kapolres Tubaba AKBP Sunhot P. Silalahi, S.I.K, M.M, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia Lomba Bonsai yang dilaksanakan dalam rangka turut memeriahkan HUT Bhayangkara ke-76.

Baca Juga  Anies Baswedan akan Berkunjung ke Tubaba dan Diberi Gelar

“Semua jajaran OPD Pemkab Tubaba berpartisipasi, jadi ini merupakan sinergitas yang luar biasa ini merupakan suatu kekeluargaan yang luar biasa dan pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada ketua PBBI yang sudah memberi dedikasinya dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 76 semoga kita sama sama sukses membangun kabupaten Tubaba ini,” ungkapnya.

Kapolres berharap, dengan pameran bonsai ini masyarakat termotivasi untuk mencontoh dan menggeluti ini. Sebab, prospek Bonsai ini juga dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat, khususnya di Kabupaten Tulang Bawang Barat setelah pandemi Covid-19.

Baca Juga  Soft Launching \'Nenemo Tour Bike\' Tubaba Lampung Digelar 28 Oktober

Pada kegiatan yang juga turut dihadiri Dandim 0412 Lampung Utara, Sekda Tubaba Novriwan Jaya, beberapa kepala OPD itu, Ketua Perhimpunan Pengemar Bonsai Indonesia (PPBI) Tubaba, Rizal Irawan mengatakan, antusiasme peserta dalam kegiatan ini sangat tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah tanaman Bonsai yang mencapai 200 bonsai dari berbagai jenis tanaman.

“Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan seni bonsai kepada masyarakat dan juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” singkatnya. (Arie/Leni)