oleh

WTP Berturut-turut, Tubaba Raih Penghargaan dari Kemenkeu

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan sepuluh kali (2011-2020) secara berturut-turut.

Penghargaan ini diberikan oleh Menkeu Sri Mulyani Indrawati pada puncak acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 serta pemberian penghargaan kepada entitas pelapor peraih opini WTP 15 kali berturut-turut, 10 kali berturut-turut, dan 5 kali berturut-turut untuk kementerian, provinsi dan kabupaten/kota melalui Zoom metting yang langsung dihadiri oleh Bupati Tubaba Umar Ahmad, SP, Ketua DPRD Ponco Nugroho, ST, Sekdakab Novriwan Jaya, SP, Kepala BPKAD Mirza Irawan DA, S.Sos, MH, Kepala Inspektorat Tubaba Perana Putra, SH.MH di Rumah Baduy, Komplek Kota Budaya Uluan Nughik, Selasa (14/9).

Baca Juga  Tubaba Terapkan TTE untuk KK dan Akta

Bupati Tubaba, Umar Ahmad didampingi Kepala BPKAD mengatakan penghargaan Kemenkeu ini diberikan setelah sebelumnya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Lampung melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020, dan memberikan opini WTP pada 30 April 2021 lalu.

Menurutmya, diraihnya opini WTP ini merupakan bentuk komitmen yang tinggi tentunya hasil kerja keras semua pihak untuk terus memperbaiki administrasi pengelolaan keuangan daerah, termasuk komitmen DPRD Tubaba dalam mendukung program kerja pemerintah.

“Sinergitas yang terjalin antara pemerintah daerah dan DPRD serta didukung dengan aparatur yang berdedikasi tinggi, merupakan kunci keberhasilan pembangunan daerah, termasuk keberhasilan pembangunan dalam bidang pertanggungjawaban keuangan negara,” kata dia.

Baca Juga  Baznas Tubaba Bedah Rumah Janda Masuning

Predikat Opini WTP secara berturut turut sejak 2011-2020 oleh Pemkab Tubaba, tentunya berdasar capaian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020, dan wujud komitmen Pemkab Tubaba yang terus berupaya tertib dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Semoga WTP ini mampu kita jadikan tradisi dan motivasi untuk lebih baik lagi kedepannya dalam hal pengelolaan anggaran dan pertanggungjawabannya,” harap bupati.

Sementara, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, dalam sambutannya secara virtual menyampaikan ucapan terima kasih kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang telah mengelola keuangan negara dengan baik sehingga dapat meraih predikat WTP secara berturut-turut.

Baca Juga  Tubaba Mulai Salurkan 600 Ton Beras, Ini Rinciannya

“Apresiasi dan penghargaan terus kami berikan, bagi yang konsisten 10 kali berturut-turut dapat dijadikan contoh, dan bagi semua yang memperoleh terus pertahankan dan tingkatkan karena ini merupakan indikator meningkatnya tata kelola keuangan negara yang semakin baik,” kata dia.

Bagi yang belum, pihaknya terus berharap dapat melakukan langkah-langkah efektif dan terukur dalam menindaklanjuti temuan-temuan sebagaimana yang direview oleh BPK RI sebagai audit eksternal. (Arie/leni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *