oleh

Walikota Metro Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Metro (Netizenku.com): Walikota Metro Wahdi memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 yang dilaksanakan di Halaman Pemerintah Kota Metro, Jumat (20/05).

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang disampaikan oleh Walikota Metro Wahdi mengatakan, bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 dengan tema Ayo Bangkit Bersama sebagai bentuk seruan untuk kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda selama dua tahun terakhir.

Lanjutnya, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional dengan kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Baca Juga  Dinas PPAPP Metro Rapat Persiapan Harganas

“Pada tanggal 20 Mei 1984 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia yang diharapkan bisa menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” ucapnya.

Wahdi menyampaikan, pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional kita melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang posesif, ditunjukan dengan kasus baru harian dibawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada dibawah angka 5.000 kasus berdasarkan data per 13 Mei 2022.

Baca Juga  Ops Patuh Krakatau, Walikota Metro Himbau Masyarakat Taat Lalin

Selain itu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Wahdi juga meminta untuk masyarakat Kota Metro agar tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

“Penanganan Covid-19 yang membaik secara perlahan mendorong pemulihan perekonomian nasional,” ujarnya.

Lanjutnya, perekonomian Indonesia pada triwulan I 2022 terhadap triwulan I 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen di hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintah dan Jasa Pendidikan.

Baca Juga  BNN Metro Minta Peran Aktif Masyarakat Berantas Narkoba

“Mari kita terus bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, di tengah momentum penanganan Covid-19, hendaknya kita dapat memaknai kesungguhan semangat dr. Soetomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19, juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia dan Indonesia dapat pulih bersama. (Rival/len)