Wabup Tanggamus Terima Audiensi YSTC

Redaksi

Kamis, 3 Juni 2021 - 17:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanggamus (Netizenku.com): Wakil Bupati Tanggamus, AM. Syafi’i, menerima Audiensi dari Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) tentang lembaga mitra Save the Children. Di ruang Rapat Wakil Bupati Sekretariat Daerah, Rabu (2/6)

AM. Syafi’i mengatakan, menyambut baik dan ucapan terima kasih kepada yayasan sayangi tunas cilik, yang selama ini sudah menjalin kerja sama dengan Pemkab Tanggamus, dan semoga silaturahmi ini tetap berlanjut.

Ia juga menyampaikan agar Tanggamus bisa memperoleh Kabupaten Layak Anak (KLA) sehingga bisa terdokumentasi dan menjadi lampiran pendukung. Termasuk kegiatan yang berkaitan dengan perempuan dan anak, dan di bidang pendidikan supaya dapat tetap berjalan agar masyarakat dapat terus dibina dan dibimbing.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selanjutnya, terkait masalah stunting di Tanggamus masih tinggi, ia berharap dapat dibantu juga dan diberikan bimbingan supaya anak-anak dapat tumbuh kembang dengan baik tanpa kekurangan gizi dan jauh dari stunting.

Untuk masyarakat di tingkat kecamatan dan pekon agar supaya selalu diberikan arahan dan dibimbing tentang bagaimana mengubah cara pandang dan edukasi tentang mengubah kehidupan yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat seperti cara bertani, meningkatkan produk UMKM, memberdayakan masyarakat dan mengubah dunia pendidikan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Baca Juga  Pemkab Tanggamus Biayai Pemulangan dan Pemakaman Jenazah Zainani

“Sekarang Posyandu lagi kencang-kencangnya, termasuk TP PKK ingin ada Posyandu remaja, pendampingan evaluasi ke kecamatan harus dilibatkan, harus tahu referensinya siapa, bagaimana pemerintah peduli dengan pelayanan Posyandu kepada masyarakat, maka harus diberikan juga suport serta dukungan terus dengan harapan anak-anak kita bisa terlindungi,” ujarnya.

Sementara Aduma Situmorang, Senior Program Implementation Manager Yayasan Sayangi Tunas Cilik, menyampaikan selain silaturahmi pihaknya dari YSTC dan Lembaga mitra save the children ingin melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin terkait dengan program Cocoa Life yang didanai oleh Mondelez Internasional.

Di sini kita bekerja sama, ada 19 desa di lima kecamatan di Tanggamus , desa tersebut adalah desa yang sudah membentuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakatnya (PATBM) dengan total 42 desa dengan program-program yang cukup banyak, pertama adalah fokusnya di pemberdayaan masyarakat, dengan target utamanya bekerja sama dengan petani cocoa, ada peningkatan buat mereka bertani cocoa, tetapi juga kapasitas yang sudah dilakukan, misalnya dalam hal ikut terlibat dalam perencanaan pembangunan dana desa, ada juga dalam hal memastikan jumlah anak untuk mendapatkan haknya program perlindungan anak berbasis masyarakat.

Baca Juga  Dua Alat Berat Pemprov Bersihkan Material Longsor Semaka

“Termasuk salah satunya adalah untuk menghapus pekerja anak di sektor pertanian, selain itu juga kita memberikan kapasitas kepada kelompok taninya, dalam hal meningkatkan pendapatannya di luar cocoa dengan harapan bisa meningkatkan ketahan ekonomi dari masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Program Cocoa Life adalah program pemberdayaan keluarga petani kakao dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh YSTC, mitra kerja dari Save the Children dan Mondelez International bersama dengan PT Olam di Provinsi Lampung yang mencakup 3 (tiga) kabupaten, yaitu Kabupaten Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus.

Program Cocoa Life bertujuan untuk memberdayakan petani kakao dan keluarga mereka, dengan penekanan pada kaum muda dan perempuan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga dan anak, serta mempromosikan pertanian kakao berkelanjutan.

Baca Juga  Tanggamus Dipimpin Kapolres Baru

Program Cocoa Life juga telah melakukan pembentukan dan pendampingan PATBM (perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat) di 19 pekon dan sosialisasi PATBM terkait perlindungan anak di 5 kecamatan wilayah program Cocoa Life bekerjasama dengan Dinas P3AP2KB Kabupaten Tanggamus dalam rangka
memastikan terselenggaranya perlindungan anak dalam upaya mendorong Tanggamus menjadi KLA.

Hadir dari YSTC Pusat, Aduma Situmorang, Senior Program Implementation Manager YSTC, Evie Woro Yulianti, Program Manager Cocoalife YSTC, Jhon Sarmauli Sipayung, Program Coordinator Cocoalife Lampung YSTC, dan Muhammad Zazuli, Program Officer Cocoalife Tanggamus YSTC.

Hadir juga mendampingi Wabup, Asisten I, Faturrahman, Kadis Dalduk PP dan KB, Edison, Kadis Pertanian, Catur Agus Dewanto, Kadis Koperindag, Heri Heriyadi, Kadis Pendidikan, Yadi Mulyadi, Sekretaris PMD, Lauyustis, dan perwakilan dari Dinas Perkebunan. (Arj/Len)

Berita Terkait

Pj Bupati Tanggamus-Kadis BMBK Lampung Tinjau Jalan di Kelumbayan
Bau Busuk, Warga Baros Keluhkan Lambannya Pengangkutan Sampah di TPSS
Jaga Kondusifitas, Polres Tanggamus Gelar Apel Cipkon
PPP-PKS Bersaing Ketat Perebutkan Kursi Legislatif Tanggamus
Diduga Kelelahan Anggota KPPS Kecamatan Airnaningan Meninggal Dunia
Sekda Tanggamus Terima Penghargaan Sistem Merit Pengisian JPT
Beda Pilihan Caleg, Oknum Kakon Airbakoman Tantang Duel Warga
Distribusi Logistik, KPU Tanggamus Prioritaskan Daerah Terisolir

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 17:49 WIB

Gubernur Lampung Resmikan RSH Kota Metro

Sabtu, 24 Februari 2024 - 16:49 WIB

Bangkit Haryo Utomo Buka Safari Dongeng Kota Metro

Kamis, 22 Februari 2024 - 19:57 WIB

PKS Metro Antar Lima Anggotanya ke Kursi Legislatif

Selasa, 20 Februari 2024 - 20:50 WIB

Wakil Walikota Metro Dukung Kelurahan Sesuai Kebutuhan

Minggu, 11 Februari 2024 - 12:52 WIB

Usai Salat Subuh, Walikota Metro Sapa Pasien RSUD Ahmad Yani

Jumat, 27 Oktober 2023 - 18:37 WIB

Presiden Tinjau Sarana Prasarana SMKN 3 Metro

Senin, 18 September 2023 - 22:50 WIB

UTD PMI Kota Metro Pastikan Stok Darah Cukup

Selasa, 22 Agustus 2023 - 22:58 WIB

Literasi Masuk Raperda Usul Inisiatif Kota Metro

Berita Terbaru

Lampung

Pemprov Lampung Bakal Tebar 525.000 Benih Ikan Endemik

Senin, 4 Mar 2024 - 16:02 WIB

Rayon PMII ketika mengabadikan momen disela-sela perhelatan RTAR. Foto: Kiriman WA Dimas.

Edukasi

PMII Rayon Pertanian Gelar RTAR

Senin, 4 Mar 2024 - 01:10 WIB

Pesawaran

Dendi Tinjau Kondisi Tanggul Jebol di Desa Bunut

Minggu, 3 Mar 2024 - 18:54 WIB