oleh

Tumijajar Dinilai Rawan Politik Uang

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mengindikasi Kecamatan Tumijajar dan sekitarnya menjadi daerah yang paling rawan dengan money politik (politik uang) pada masa tenang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung yang bakal dihelat, Rabu (27/6) besok.

Ketua Panwaslu Tubaba, Midiyan, S.Sos, mengatakan hingga siang ini pihaknya belum mendapatkan laporan dari masyarakat terkait adanya praktik money politik pada masa tenang menjelang pencoblosan. Namun, dirinya mengindikasikan adanya dugaan praktik tersebut di wilayah Kecamatan Tumijajar.

\”Sampai saat ini belum ada laporan resmi yang masuk, kalau indikasi berdasarkan pantauan kami ada yang melakukan praktik tersebut tetapi tidak bisa kita jadikan temuan karena tidak adanya laporan,\” terangnya kepada Netizenku.com, Selasa (26/6).

Baca Juga  Kornelia Umar Hadiri Rakerda TP PKK Lampung

Midiyan menambahkan, guna menangkal praktik politik uang, Panwaslu mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tubaba menolak Money Politik, karena pemberi dan penerima bisa dikenakan Pidana, sesuai dengan ketentuan Pasal 187A ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

\”Kami minta apabila ditemukankan pemberi dan penerima, segera laporkan ke panwaslu di setiap tingkatan (tiyuh dan kecamatan), atau datang lansung ke Panwaslu kabupaten yang berkantor di Tiyuh Candra Mukti depan Kantor Samsat,\” paparnya.

Upaya agar masyarakat dapat menolak money politik tersebut, lanjut dia, Panwaslu bersama Polsek Tulangbawang Tengah sejak Senin (25/6) terus melakukan patroli pengawasan gabungan dalam masa tenang Pilgub Lampung yang dimulai sejak 24-26 Juni.

Baca Juga  Novi Linda Resmi Jadi Anggota Dewan Gantikan Sadimin

\”Patroli pengawasan bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Tubaba menolak Money Politik, karena pemberi dan penerima bisa dikenakan Pidana, sesuai dengan ketentuan Pasal 187A ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016,\” ulasnya lagi.

Adapun rute patroli pengawasan yang dilaksanakan sejak pukul 20.20 Wib Senin (25/6) malam diawali dari Sekretariat Panwaslu Tubaba – Simpang Samsat Tubaba – Simpang Pasar Pulung Kencana – Simpang Tugu Ratu Kelurahan Panaragan Jaya – Tiyuh Kagungan Ratu – Lapangan Tiyuh Karta Raharja – Simpang Dayamurni – Simpang PU Tiyuh Murni Jaya – Finish Sekretariat Panwaslu Tubaba.

Baca Juga  Golkar Lampung Beri Perhatian Khusus Kepengurusan Partai di Tubaba

\”Semua wilayah kita pantau, dan kami berharap kepada masyarakat jika ada praktek bagi-bagi uang untuk memilih salah satu calon agar segera melapor, sehingga tim kami bisa segara datang kelokasi dan mendorong agar warga dapat melaporkan praktik tersebut secara resmi ke Panwaslu sehingga ini dapat menjadi temuan dan para pelakunya ditindak dengan aturan yang berlaku,\” pintanya.

Sementara, Kapolsek Tulangbawang Tengah, Kompol Leksan Ariyanto, mengatakan setelah dilakukannya patroli pengawasan bersama (Panwaslu dan Polri) dapat meminimalisir atau mengurangi pelanggaran money politik.

\”Besar harapan saya menjelang hari pencoblosan pada tanggal 27 Juni 2018 tidak adanya pelanggaran money politik,\” singkatnya. (Arie)

Komentar