Tubaba Targetkan Raih APE Tingkat Madya

Leni Marlina

Selasa, 21 November 2023 - 20:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) menargetkan dapat meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat madya dari Kementerian Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) pada tahun ini.

Target tersebut sebanding dengan perolehan indikator pencapaian yang dilaporkan Pemkab Tubaba untuk tahun 2022, melalui aplikasi yang disiapkan kementrian yakni mencapai nilai 869 dari capaian tertinggi yakni 1000 untuk APE tingkat utama, dan capaian nilai paling rendah yakni 500-600 untuk mendapatkan APE tingkat Pratama.

Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Drs. M. Firsada, M.Si, mengungkapkan APE merupakan anugerah yang diberikan oleh Kementerian PPA kepada pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Anugerah ini menjadi bukti nyata atas upaya nyata dan kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan di wilayah kita,” ujar Firsada saat menerima tim verifikasi lapangan Kemen PPPA di Ruang Rapat Bupati, kantor bupati setempat, Selasa (21/11) yang dipimpin Sekretaris Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kemen PPPA Siti Mardiah, S.Pt.,M.Si.

Baca Juga  Tubaba Gelontorkan Tambahan Rp2 Miliar untuk Pilkati Serentak

Secara khusus, lanjut Firsada, tahap verifikasi lapangan ini antara lain bertujuan untuk mengevaluasi dan memastikan bahwa kegiatan yang telah dilakukan melalui program-program yang ada, telah sesuai dengan parameter yang telah ditetapkan.

“Anugerah Parahita Ekapraya ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan perempuan dan anak-anak di daerah kita, karena pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak merupakan komitmen bersama semua elemen masyarakat,” tegasnya.

Sementara di tempat yang sama, Siti Mardiah menjelaskan, untuk verifikasi lapangan sampai dengan evaluasi penyelenggaraan Pengarus Utamaan Gender (PUG) ini, dilakukan dua tahun sekali.

“Di tahun 2023 ini, sebagai evaluasi tahun 2022 dilakukan setahun dan turun kelapangan agar hasilnya maksimal, karena pada tahun 2021 kita dilanda pandemi sehingga verifikasi dilakukan secara daring,” jelas Siti.

Baca Juga  Bayi Korban Lakalantas Tubaba Meninggal Dunia di RS Muhammadiyah Metro

Siti Mardiah juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Tubaba yang telah menyelesaikan pengisian data dan informasi penyelenggaraan PUG.

“Saya sampaikan apresiasi setinggi tingginya, karena pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat telah menyelesaikan pengisian data dan informasi PUG sesuai dengan waktu yang yelah ditetapkan, dalam waktu 4 minggu, meskipun disertai keluhan,” kata Siti Mardiah.

Kepala Dinas PPPA Kabupaten Tubaba, Munyati melalui Sekretaris dr. Wita Hestriyani mengungkapkan, capaian yang dilaporkan Pemkab untuk mendapatkan APE tersebut mendapat nilai 869. Nilai ini melonjak dari nilai 500 sehingga Kementrian PPA melakukan verifikasi lapangan baik dari kelembagaan dan perencanaan, fasilitator maupun inovasi yang memperhatikan pembangunan dan penyetaraan gender.

“Yang dilakukan verifikasi lapangan yakni dari kelembagaan seperti Perda soal penyetaraan gender, Perbup, Pokja PUG, dan SDM. Juga dari perencanaan, fasilitator, dan inovasi. Inovasi yang kami laporkan ada 3 yakni Tubaba Cerdas, inovasi Disdukcapil Pempers, dan inovasi Kolam Kandang dan Kebun (K3) pemanfaatan pekarangan yang banyak memanfaatkan Kelompok Wanita Tani (KWT),” ulasnya.

Baca Juga  Firsada Sampaikan Pandangan Akhir pada Paripurna Raperda APBD 2024

Dengan capaian indikator penilaian yang mencapai nilai 869 tersebut, lanjut dia, semoga kesemuanya dapat dibuktikan dalam verifikasi lapangan yang tengah dilakukan kementrian sehingga APE tingkat Madya dapat kita peroleh.

“Tubaba selama ini memang belum pernah mendapatkan anugerah ini. Dan tahun ini kita targetkan bisa mendapatkan APE tingkat Madya sehingga loncat satu tingkat (Pratama),” singkatnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj. Ketua TP-PKK Tubaba Hanita Fahrial Firsada, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Bayana, dan kepala OPD di lingkungan Pemkab setempat. (Arie)

Berita Terkait

Firsada Sampaikan Raperda Pertanggungjwaban APBD 2023 dan RPJPD 2025-2045
Kaum Muda Deklarasikan Diri Dukung Pasangan NONA Maju Pilkada Tubaba
Kantongi Restu Umar Ahmad, NONA (NOvriwan-NAdirsyah) Solid Maju Pilkada Tubaba
Firsada Sampaikan Poin Gerak Cepat Penanganan dan Pemberantasan Korupsi
Tubaba Apresiasi Komitmen BRI Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal
Pj Bupati Tubaba Buka Gebyar PAUD Tahun 2024
Pj Bupati Tubaba Ajak Semua Pihak Sinergi Cegah Stunting
Pemkab Tubaba-Ombudsman Teken MoU Tentang Pelayanan Publik

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:04 WIB

Tantangan dan Kendala Penanganan TBC di Lampung

Jumat, 14 Juni 2024 - 14:07 WIB

IKM Lampung Didorong Kantongi Sertifikat TKDN-IK

Kamis, 13 Juni 2024 - 20:45 WIB

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:18 WIB

Program Vokasi Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK di Lampung

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:15 WIB

Diskeswan Tingkatkan Upaya Pencegahan Penyakit Zoonosis pada Hewan Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:12 WIB

PPPA Himbau Masyarakat Berani Lapor Ketika Menjadi Korban Kekerasan

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:06 WIB

Pemprov Bakal Evaluasi PRL 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:05 WIB

PLH Gubernur Lampung Pimpin Rapat Perdana, Tekankan Keberlanjutan Program Kerja

Berita Terbaru