oleh

Tingkatkan Pengetahuan, RSUDAM Gelar Seminar Vitrektomi

Bandarlampung (Netizenku.com): Sebagai rumah sakit rujukan utama di Provinsi Lampung, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) terus berupayan meningkat kualitaas pelayanan kesehatannya. Kali ini RSUDAM bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami dan PT. Alcon mengadakan seminar sosialisasi dan seminar vitrektomi, di Ruang OK Bedah Sentral RSUDAM Provinsi Lampung, Sabtu (25/8).

Baca Juga  Hadiri Halal Bihalal Muslim Batak Toba, Herman Bagikan Umroh Gratis

Dalam sambutannya, Direktur Utama RSUDAM, dr. Hery Djoko Subandriyo, mengatakan RSUDAM merupakan rumah sakit rujukan utama di Provinsi lampung telah melengkapi sarana dan prasarana pelayanan vitreoretinal. “Pelayanan pembedahan vitreoretinal ini merupakan yang pertama di Provinsi Lampung. diharapkan dapat mengurangi angka keterelambatan tatalaksana dan meningkatkan prognosis penglihatan pada pasien dengan kelainan vitreoretinal,” ujarnya.

Baca Juga  Tolak Pasien, BPJS-K Turunkan Tim ke RS Urip Sumoharjo

Sementera itu, Ketua Perdami Cabang Lampung,  dr. Junita Shara menjelaskan, kelainan di bidang vitreo-retina merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang dapat menyebabkan kebutaan di Indonesia. “Penyakit vitreoretinal sebagian besar membutuhkan intervensi pembedahan dalam tatalaksana lanjut. Penyakit-penyakit mata dibidang vitreoretinal yang membutuhkan intervensi pembedahan diantaranya ablasio retina, retinopati diabetik, penyakit age related macular degeneration dan kasus-kasus trauma okuli,” paparnya.

Baca Juga  Herman Dukung Berantas Narkotika

Dalam kegiatan yang berjuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota Perdami cabang Lampung tentang tindakan yang membutuhkan pembedahan vitreoretinal, juga dilaksanakan uji coba terhadap 2 pasien dengan menggunakan mesin Vitrektomi. (Aby)

Komentar