oleh

Tingkatkan Kompetensi SDM Bapenda Berikan Pelatihan Simpad Smartgrov

Pesawaran (Netizenku.com): Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penggunaan dan pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Manajemen PAD (Simpad) Smartgov, sebanyak 35 pegawai Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesawaran diberikan pelatihan.

Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah Pesawaran, Wildan melalui Sekretarisnya, Miryan Fauzi, dalam rangka meningkatkan sistem administrasi pengelolaan pajak daerah yang modern, pihaknya telah melakukan upaya dengan mengadakan sistem informasi administrasi pajak daerah yang modern dan terintegrasi, yaitu Simpad/Smartgov.

\”Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kemudahan operasional dan pelayanan bagi masyarakat dan wajib pajak, juga bagi pemerintah Kabupaten Pesawaran, dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah,\” ujarnya saat membuka Pelatihan Simpad/Smartgov yang dilaksanakan di Ruang Dragon I Lantai 2 Hotel Horison, Bandarlampung, belum lama ini.

Baca Juga  Hektaran Sawah Terendam Banjir, Petani Dipastikan Gagal Panen

Dikatakannya, upaya yang dilakukan ini merupakan juga amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020, yang disebutkan bahwa kegiatan pemungutan pajak daerah mulai dari penghimpunan data objek dan subjek pajak, penentuan besarnya pajak, sampai dengan kegiatan penagihan pajak kepada wajib pajak serta pengawasan penyetorannya dengan berbasis teknologi.

Baca Juga  Kapolres: Pergantian Jabatan untuk Memacu Disiplin Kerja

Selain amanat dari Permendagri tersebut, lanjutnya, pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan pajak daerah merupakan salah satu rencana aksi program pemberantasan korupsi Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesawaran tahun 2018-2019 dibawah binaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang harus dilaksanakan.

\”Kepada seluruh peserta saya mengharapkan agar dapat menguasai dengan baik penggunaan aplikasi ini, sehingga aplikasi ini secara maksimal dapat memberikan manfaat dan kemudahan operasional bagi kita dalam pengelolaan pajak daerah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarkat dan wajib pajak,\” tegasnya.

Baca Juga  Warga Padangcermin Keluhkan Minimnya Pembangunan Infrastruktur

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah Bapenda Pesawaran, Feriawan menyampaikan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM yang ada pada Badan Pendapatan Daerah dalam penggunaan dan pemanfaatan Aplikasi Simpad/Smartgov yang berjumlah 35 orang peserta.

\”Sementara untuk narasumber dan pemateri sendiri dari implementor PT Mentari Kode Informatika (MKI) Jakarta,\” jelasnya. (Soheh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *