Tanggamus Terima Opini WTP ke Lima dari BPK RI

Redaksi

Sabtu, 27 Juni 2020 - 10:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kotaagung (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten Tanggamus kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI). Opini WTP ini, merupakan kali kelima yang diraih oleh Pemkab Tanggamus.

Opini WTP diberikan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2019.

Penyerahan LHP dilakukan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Lampung, Hari Wiwoho, SE., MM., Ak., CSFA, CA., dari Kantor BPK RI Perwakilan Lampung, yang diterima oleh Bupati, Hj. Dewi Handajani, dan Ketua DPRD, Heri Agus Setiawan, secara virtual melalui video conference di ruang rapat bupati Tanggamus, Jumat (26/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turut mendampingi bupati, Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafii, Sekdakab, Hamid Heriansyah Lubis, para asisten, staf ahli bupati, Inspektur, serta sejumlah kepala OPD.

Baca Juga  Sembilan Perahu Nelayan Pantai Pekon Kerta Terbakar

Usai penyerahan LHP, Hari Wiwoho dalam sambutannya mengatakan, LHP diserahkan setelah BPK melakukan pemeriksaan terhadap laporan dari kabupaten/kota, yang kemudian berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, termasuk implementasi atas rencana aksi masing masing kabupaten/kota, BPK RI memberikan opini WTP.

Hari melanjutkan, BPK mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan oleh masing-masing pemerintah kabupaten dan kota untuk mengelola dan mempertanggungjawabkan keuangan daerah agar lebih transparan dan akuntabel, yang tidak terlepas dari peran dan kerjasama antara jajaran pemerintah daerah dengan DPRD.

\”Kepada DPRD kami berharap, agar pimpinan dan anggota DPRD dapat memanfaatkan dan menggunakan informasi yang kami sampaikan dalam laporan hasil pemeriksaan tersebut, untuk mendorong pemerintah kabupaten dan kota agar lebih meningkatkan pengelolaan dan pertanggungjawaban APBD secara transparan dan akuntabel demi mewujudkan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat secara adil dan makmur,\” ujar Hari.

Baca Juga  34 KPM Pekon Wayhalom Terima BLT DD

Kemudian terkait rekomendasi yang disampaikan atas temuan sejumlah permasalahan, meskipun tidak memengaruhi kewajaran atas penyajian laporan tersebut, Hari meminta pemerintah daerah dapat segera menindaklanjuti selambat-lambatnya 60 hari sejak diterimanya LHP.

Sementara, Dewi Handajani usai penyerahan LHP, mengucapkan syukur atas kembali diraihnya opini WTP dari BPK RI. Bupati juga mengapresiasi kinerja jajaran OPD Pemkab Tanggamus.

\”Ini merupakan kerja keras semua pihak, utamanya jajaran organisasi perangkat daerah. Terima kasih atas pencapaian ini. Semoga apa yang diraih ini dapat dipertahankan,\” ujar Dewi.

Baca Juga  Bupati Tanggamus Shalat Idul Adha di Lapangan Merdeka

Kemudian menyikapi sejumlah catatan dari BPK, ia meminta kepada jajaran OPD terkait untuk menyelesaikannya.

\”Kita diberi waktu 60 hari, apa yang menjadi catatan agar kiranya segera ditindaklanjuti,\” katanya.

Senada, Heri Agus Setiawan, mengapresiasi kinerja Pemkab Tanggamus atas diraihnya opini WTP dari BPK RI Perwakilan Lampung.

\”Kami jajaran legislatif berharap di waktu mendatang Pemkab Tanggamus dapat mempertahankan pencapaian WTP dari LHP BPK Provinsi Lampung. Lalu pengelolaan anggaran di Pemkab Tanggamus semakin akuntabel dan transparan,\” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain Pemkab Tanggamus diserahkan juga LHP LKPD oleh BPK RI Perwakilan Lampung kepada Pemkot Bandarlampung, Pemkab Pesisir Barat dan Pemkab Waykanan. (Arj/leni)

Berita Terkait

Hendra Wijaya Mega: BUMD Wajib Audit Independen
15 Tahun Tak Setor Dividen, PT AUTJ Berdalih Rugi
Bawaslu Tanggamus Rampungkan Rekrutmen Anggota PKD Pilkada 2024
Mulyadi Irsan Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Tanggamus
Hadapi Pilkada, Polres Tanggamus Latihan Dalmas Awal Sat Samapta
Ketua DPD PAN Tanggamus Gerak Cepat Bantu Warga Korban Longsor
Pj Bupati Tanggamus Hadiri Pelantikan Panwascam Tahun 2024
Tim SAR Gabungan Cari Seorang Korban Longsor Ulubelu

Berita Terkait

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Bupati Pesawaran Ajak Warga Wujudkan Pilkada Sehat dan Beradab

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:29 WIB

M Nasir Siap Dampingi Aries Sandi Maju Pilbup Pesawaran

Senin, 10 Juni 2024 - 09:48 WIB

MPAL Lampung Dukung Pelaporan MPAL Pesawaran ke Kejari

Minggu, 9 Juni 2024 - 17:37 WIB

Tenun Talam Pesawaran Melenggang di Bali Fashion Parade 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 16:23 WIB

Perwakilan Masyarakat Adat Lampung Pesawaran Laporkan MPAL ke Kejari

Kamis, 6 Juni 2024 - 19:14 WIB

Paisaludin Serahkan Surat Tugas DPP PAN ke Nanda Indira

Kamis, 6 Juni 2024 - 11:13 WIB

Bupati Pesawaran Ikuti Pembukaan ITIF 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 08:55 WIB

Dituding Abal-abal, MPAL Pesawaran Bakal Dilaporkan ke APH

Berita Terbaru