BERBAGI

Gisting (Netizenku.com): Pemkab Tanggamus gelar acara sosialisasi pemilihan kepala pekon secara serentak di kabupaten Tanggamus yang rencananya digelar awal tahun 2020, Senin (14/10).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Pekon Gistingbawah Kecamatan Gisting, dihadiri dan dibuka langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Sekretariat Daerah (Setda) Fathurraahman, SH., mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.MM., tersebut nampak juga dihadiri Kapolres, Dandim 0424 Tanggamus, Para Camat, Kepala Pekon Se-Kabupaten Tanggamus.

Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda Kabupaten Tanggamus, Wawan Heryanto, SSTP., selaku Panitia menyampaikan, maksud dan tujuan acara tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan.

“Khususnya perda nomor 7 tahun 2019 yang mengatur tatacara pelaksanaan pemilihan kepala pekon secara serentak di Kabupaten Tanggamus, dengan harapan peserta nantinya juga dapat menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai peraturan perundang-undangan tentang pelaksanaan pemilihan kepala pekon serta diterapkan dalam pelaksanaan pilkakon serentak di Kabupaten Tanggamus,” katanya.

Sehingga lanjut Wawan Heryanto, proses pemilihan kepala pekon dapat berjalan dengan tertib, aman kondusif dan demokratis, untuk jumlah peserta, sebanyak 220 kepala pekon, 220 perangkat pekon dan 220 badan hippun pemekonan. Kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 14 sampai 16 Oktober 2019.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dalam sambutan mengatakan, pada tahun 2020 Kabupaten Tanggamus akan menggelar pilkakon serentak sebanyak  220 pekon.

“Sudah tentu akan membutuhkan aparat keamanan. Oleh karnanya, kami berharap peserta sosialisasi dan camat untuk betul-betul dapat serius dalam mengikuti dan mempelajari semua materi yang disampaikan. Karena salah satu tugas penjabat kepala pekon adalah mempersiapkan pilkakon secara damai dan lancar,” harapnya.

Sementara, kepada para narasumber lanjut Fathurrahman, diharapkan bisa menyampaikan materi secara detail dan jelas. Serta dapat menjadi ajang diskusi peserta terkait materi sosialisasi seluas-luasnya.

“Saya ingatkan kepada seluruh pejabat kepala pekon dan camat untuk netral, jika melihat panitia agak miring tidak netral jangan dijadikan panitia agar kondusif dan terlaksana secara fair,” tegas Mantan Inspektur, Inspektorat Kabupaten Tanggamus ini. (Arj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here