BERBAGI

Tanggamus (Netizenku.com): Gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Tanggamus, melaksanakan penyemprotan disinfektan di sejumlah sekolah dan fasilitas umum di Kota Agung, Selasa (24/3).

Rangkaian kegiatan diawali dengan apel gabungan bersama Polres Tanggamus, Dinkes, Pol PP, BPBD, Basarnas dan PMI di halaman kantor Dinas Kesehatan dipimpin Staf Ahli Bupati, Firman Rani, Kabag Ops Polres Tanggamus, Kompol Bunyamin, SH. MH, Kadiskes dan Kepala BPBD.

Usai pelaksanaan apel di Dinkes, personel bergegerak ke Makodim 0424 Tanggamus dan dipimpin Sekda, Hamid Heriansyah Lubis selaku Kepala Gugus Tugas, serta Dandim 0424/TGM memberikan penekanan dalam apel di Lapangan Makodim.

Penyemprotan dimulai lingkup Kodim 0424 Tanggamus, masjid-masjid, Sekolah Dasar, tiga kantor kelurahan, pom bensin, terminal dimulai sejak pagi hingga pukul 11.30 WIB.

Kemudian menunggu pedagang Pasar Kota Agung menutup dan merapihkan kios, toko maupun lapak dagangannya, tim baru melakukan penyemprotan disinfektan sekitar pukul 16.00 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB.

Mewakili Kapolres Tanggamus, AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM., Kaur Binops Sat Sabahara, Ipda Sukarjo, mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan 8 personel bergabung dengan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

Selain 8 personel tersebut, Polres Tanggamus membawa 1 alat semprot dan akan melakukan penyemprotan secara bergantian maupun memakai alat yang telah disediakan oleh Pemkab.

“Polres menerjunkan 8 personel yang bergabung bersama tim dalam pelaksanaan penyemprotan hari ini,” usai apel di Makodim.

Sementara Hamid Heriansyah Lubis selaku kepala gugus tugas penanganan Covid-19 mengatakan bahwa kegiatan merupakan tindak lanjut dari intruksi pemerintah pusat dalam mencegah dan memerangi Virus Corona atau Covid-19.

Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk sinergitas Forkopimda Kabupaten Tanggamus dalam upaya mencegah dan memerangi virus Corona yang sedang mewabah saat ini.

“Kita berupaya melaksanakan penyemprotan di tempat-tempat umum dimana tempat tersebut sering dijadikan tempat untuk berinteraksi,” kata Hamid Heriansyah Lubis dalam keterangannya usai memimpin apel.

Sekda berharap, kedepannya agar apa yang dilakukan pihaknya pada hari ini dapat menjadi contoh untuk unsur pemerintah tingkat bawah dan eleman masyarakat untuk sama-sama dapat berperan aktif dalam upaya mencegah dan memerangi virus Corona yang sedang berkembang saat ini.

“Mari kita sama-sama menyosialisasikan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Tanggamus agar mengurangi aktivitas yang tidak penting di luar rumah guna langkah pencegahan penularan virus Corona ini,” imbaunya.

Harapannya ke depan, kata Lubis, agar apa yang dilakukan pada hari ini dapat menjadi contoh untuk unsur pemerintah tingkat bawah dan eleman masyarakat untuk sama–sama dapat berperan aktif dalam upaya mencegah dan memerangi virus Corona yang sedang berkembang saat ini.

Terpisah usai penyemprotan disinfektan di Pasar Kota Agung, Darwin selaku pedagang pasar sekaligus pengurus masjid di area Pasar Kota Agung mengaku bersyukur atas kepedualian pemerintah.

“Kami sangat berterima kasih atas karena di sini banyak interaksi masyarakat dan kumpul di pasar, sehingga antisipasi terhadap virus Corona sangat positif sekali,” ucapnya. (Arj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here