BERBAGI

Tanggamus (Netizenku.com): Pemkab Tanggamus menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tanggamus tahun 2020, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanggamus tahun 2021, yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 10 – 12 Maret, bertempat di Aula Islamic Center Kotaagung, Selasa (10/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi, Bupati Tanggamus, Hj.Dewi Handajani SE.MM., Bupati Tanggamus,  Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto SIK, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan S.Sos, Wakil Bupati Hi.A.M.Syafii.S.Ag Wakil Bupati, Kajari Tanggamus David Palapa Duarsa SH, MH, Plh. Sekkab Fathurahman SH., Ketua Pengadilan Agama Tanggamus, Asrori, Asisten, Staf Ahli Bupati Tanggamus, Para kepala OPD dan camat se-Kabupaten Tanggamus serta undangan.

Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega mengatakan, Tujuan musrenbang adalah untuk mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari Musrenbang pekon, Musrenbang Kecamatan dan konsultasi publik. Lalu merumuskan dan menetapkan kebijakan umum anggaran (KUA) tahun 2021 yang  bersinergi dengan KUA dan Prioritas pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional.

Sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Musrenbang ini, yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan aspirasi masyarakat.

“Adapun mekanisme yang dipergunakan dalam musrenbang setelah pembukaan akan dilaksanakan sidang pleno dengan mendengarkan sejumlah pemaparan dari Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Ketua DPRD Tanggamus, Kepala BPKD, Kepala Diskes, Disdik dan Dinas Pangan Pertanian lalu dihari kedua dan ketiga dilaksanakan deks pembahasan prioritas pembangunan tahun 2021,” jelasnya.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan S.Sos, menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Tanggamus dalam bidang pendidikan, fasilitas pendidikan dan tenaga pengajar serta kesejahteraan tenaga pendidik.

Bidang kesehatan, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, infrastruktur, pembangunan jalan dan jembatan untuk mendukung perekonomian, infrastruktur yang lain, normalisasi sungai, irigasi.  Bidang ekonomi dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Mulai dari penataan BUMDes, data kependudukan, pelayanan bidang kependudukan agar dimaksimalkan. Bidang sosial, teknis bantuan kesejahteraan masyarakat agar lebih tepat sasaran. Keagamaan dan budaya, meski masih banyak sektor-sektor yang perlu dibenahi terutama pelayanan publik,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani SE, MM menyampaikan ada beberapa isu strategis yang berkembang dikabupaten Tanggamus yaitu, percepatan pembangunan proyek strategis nasional pengembangan kawasan industri Tanggamus terhadap wilayah sekitarnya.

“Penyelarasan program pemerintah Provinsi Lampung dengan kabupaten atau kota berkaitan dengan kawasan industri Tanggamus. Pengembangan koridor ekonomi masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Tanggamus, Persentase penduduk miskin dan Indeks pembangunan manusia (IPM),” kata Bupati.

Bupati pun berharap pemerintah pusat lebih memperhatikan dengan kondisi jalan yang ada di sepanjang jalan lintas barat berkaitan dengan kondisi jalan lintas yang melalui daerah Pekon Batu Keramat karena kondisi jalan tersebut sangat rawan  terjadi longsor.

Sementara, dalam kegiatan ini, Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi berkesempatan memberikan penghargaan Tanggamus Award kepada perusahaan, OPD dan pekon yang berprestasi di bidangnya masing-masing.

Dalam penyampaiannya Gubernur Provinsi Lampung ini mengatakan, apa yang menjadi catatan yang disampaikan oleh bupati dan ketua DPRD semuanya telah ia simpan dan akan di tindak lanjuti kedepannya nanti.

Musrenbang, menurut gubernur merupakan salah satu keberhasilan Pemerintah, dimana terlaksananya kegiatan tersebut bukti kinerja yang melibatkan semua unsur dan lapisan masyarakat.

“Musrenbang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus dengan mendengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat. Saya berharap bekerja dan membangunlah sesuai keinginan dan kepentingan masyarakat, bukan atas dasar keinginan atau kepentingan pemimpi,” tambahnya.

Berkaitan dengan isu masalah kesehatan yakni tentang penyebaran virus Corona, Arinal harapkan Kabupaten Tanggamus ini bebas dari permasalahan tersebut, hal ini perlu tindak lanjut dari seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Tanggamus, dengan cara mensosialisasikan dan melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran virus tersebut agar Kabupaten Tanggamus terbebas dari virus Corona yang sedang mewabah saat ini.

Untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanggamus, telah mengalami peningkatan, dan diharapkan peningkatan ini dapat menekan laju inflasi Provinsi Lampung. Tidak hanya untuk kepentingan kabupatennya saja, meningkatkan kebutuhan di ibukota Jakarta sebagai pusat ekonomi Lampung, agar stabilitas dapat kita pertahankan di tingkat nasional.

Lalu, tingkat angka kemiskinan di Kabupaten Tanggamus mengalami penurunan dari tahun 2019 kemarin, menandakan bahwa pemerintah Kabupaten Tanggamus setelah berhasil meningkatkan ekonomi kerakyatan sehingga angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Tanggamus menurun. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here