BERBAGI

Kotaagung (Netizenku.com): Dalam rangka memastikan kebijakan bupati terkait pencegahan penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Tanggamus, berjalan dengan baik.
Sekdakab, Hamid Heriyansyah Lubis, selaku Ketua Gugus Tugas Pencegahan Dini Penyebaran Covid-19 Kabupaten Tanggamus, melakukan pemantauan langsung ke RSUD Batin Mangunang, Dinas Kesehatan dan Disdukcapil.

“Harus dipastikan untuk jajaran Pemerintah Daerah melaksanakan apa yang sudah menjadi keputusan pimpinan, terkait upaya-upaya pencegahan (Virus Covid-19) di internal Pemerintahan Kabupaten Tanggamus, yaitu work from home (bekerja dari rumah). Kemudian program pendidikan yang belajar di rumah, itu semua harus dipastikan berjalan dengan baik,” katanya.

Selain itu memonitor harga-harga pokok juga harus dilakukan. Alur prosedural dari hal-hal ataupun diantara masyarakat yang berada di Kabupaten Tanggamus yang diduga oleh petugas medis sampai dengan tingkat pekon yang diduga memiliki sedikit banyak gejala penyakit atau virus Covid-19 harus bisa memastikan SOP dari penanganan, dari rumah yang bersangkutan, sampai dengan dibawa ke RSUD, kemudian sampai dengan dibawa ke RS rujukan yang ada di Provinsi Lampung.

Ia juga menegaskan, agar seluruh jajaran Dinas Kesehatan sampai dengan jajaran terbawahnya, seperti Bidan Pekon harus memakai alur (SOP), yaitu pasien sudah ditetapkan (terduga Covid-19) hanya boleh dibawa oleh satu jenis Ambulance yang sudah memenuhi standar.

“Tidak boleh sembarangan Ambulance untuk membawa pasien. Semua pihak harus paham itu, dan saya harus memastikan itu. Makanya hari ini Rabu 18 Maret 2020, saya mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batin Mangunang, Dinas kesehatan Kabupaten Tanggamus dan terakhir ke Disdukcapil, untuk memastikan pelayanan tetap berjalan,” tegasnya.

Kemudian untuk Disdukcapil, ia meminta pelayanan mobil keliling kependudukan tetap berjalan dan lebih ditingkatkan.

“Sehingga masyarakat lebih dekat, tidak usah terlalu ramai berkumpul di kantor Kecamatan atau Kantor Disdukcapil,” ujarnya.

Terkait hasil pemantauannya, Hamid Lubis menyampaikan, bahwa tempat pelayanan di Disdukcapil dan RSUD Batin Mangunang, telah dilakukan upaya-upaya pencegahan, mulai dari pemeriksaaan suhu tubuh dan cuci tangan pakai sabun telah berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah hasil dari pantauan kami di lapangan semua berjalan dengan baik,” ujar Sekda.

Turut mendampingi Sekdakab Kepala BPKAD, Suaidi, dan Kabid Pengembangan ASN BKPSDM Tanggamus, Bambang Probo. (rls/Arj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here