oleh

Sekda Pesawaran Lepas 109 Calon Jamaah Haji

Pesawaran (Netizenku.com): Sekretaris daerah Kabupaten Pesawaran, Kusuma Dewangsa, melepas 109 jamaah calon haji ke tanah suci, yang terdiri dari 53 Laki-Laki dan 56 Perempuan, termasuk 2 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yang tergabung dalam kloter JKG 31 di halaman Islamic center Gedongtataan, Minggu (21/7).

Dalam sambutannya, Kusuma Dewangsa mewakili Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, mengutarakan ibadah haji yang akan dilaksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara.

\”Para calon haji hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri, yaitu ibadah secara total. Bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sa’i, tetapi juga ibadah batin yaitu wukuf. Ke semua bentuk ibadah itu berakhir pada kontrak atau perjanjian kita sebagai makhluk Allah untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabiat yang tidak baik yang pernah kita kerjakan sebelumnya,\” kata Sekda.

Baca Juga  PAN Pesawaran Target Kembalikan Perolehan Kursi Hasil Pileg 2014

Dilanjutkannya, tahun ini masyarakat Kabupaten Pesawaran dapat menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci sebanyak 109 jamaah calon haji, yang terdiri dari 53 orang Laki-Laki dan 56 orang Perempuan, termasuk 2 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yang tergabung dalam kloter JKG 31.

\”Sebelum saya melepas keberangkatan rombongan peserta Calon Jamaah Haji Kabupaten Pesawaran secara resmi, saya menyampaikan harapan dan pesan kepada peserta jamaah calon haji agar membawa misi nama baik bangsa dan negara. Maka taatilah ketentuan-ketentuan peraturan dan hukum yang berlaku, baik yang dikeluarkan negara kita maupun Pemerintah Arab Saudi,\” pintanya.

Baca Juga  Remaja Bawa Senpi, Pemilik Asli Dijemput Polisi

Karena diungkapkannya, Baik buruknya tatacara beribadah dan tingkah laku selama dalam perjalanan, saat pelaksanaan Ibadah Haji, hingga kepulangan nanti akan membawa dampak terhadap nama baik Kabupaten Pesawaran dan rakyat Indonesia.

\”Mengingat Ibadah Haji lebih menekankan pada ibadah fisik untuk itu jaga selalu kesehatan, pola makan, pilih makanan dan minuman yang tidak akan mengganggu kesehatan dan Khusus kepada TPHD dan ketua rombongan, saya menghimbau agar saudara dapat melaksanakan tugas dan kewajiban saudara dengan sebaik-baiknya. Utamakan kepentingan bersama dan apabila ada sesuatu dan lain hal yang perlu dipecahkan bersama, maka musyawarahkanlah dengan para peserta Haji, sehingga tugas yang saudara emban akan semakin ringan,\” ungkapnya. (Soheh)

Baca Juga  Petahana Tak Jadi Lawan Kotak Kosong, Simpatisan M Nasir Gelar Syukuran

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *