oleh

Perbaikan Jalan di Tubaba, Pemprov Kucurkan Rp54,4 M

Tulangbawang Barat (Tubaba): Pemerintah Provinsi Lampung alokasikan dana sekitar Rp54,4 miliar untuk perbaikan ruas-ruas jalan provinsi yang berada di wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui APBD tahun 2019 di Dinas PUPR setempat.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemprov Lampung Theresia Sormin mengatakan, program kegiatan Pemprov Lampung yang berlokasi di Tubaba mesupport kabupaten setempat dalam memanfaatkan keberadaan jalan tol untuk mengakselerasi pengembangan wilayah dan memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat.

\”Ada 15 progran kegiatan pemprov yang ditempatkan di Kabupaten Tubaba,\” kata dia dalam Musrenbang Kabupaten Tubaba.

Theresia menjelaskan, 15 program kegiatan tersebut yakni: Pembangunan Sumur Bor. Bimbingan dan penerapan teknologi usaha tani tembakau. Pengelolaan Wilayah KPH. Bantuan benih ikan pada budidaya skala kecil. Pembinaan dan pemantauan kawasan rumah pangan lestari. Pembinaan Perpustakaan Kabupaten.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Tubaba Bagikan APD Untuk Panitia Pilkati

Selanjutnya, Peningkatan ruas jalan Sp. Daya Murni-Gunung Batin. Peningkatan jalan ruas Sp. Tujok-Panaragan Jaya. Peningkatan jalan ruas Penumangan-Tegal Mukti. Pembangunan jalan ruas Adijaya-Tulung Randu. Pembangunan jalan ruas Penumangan-Unit VI Lambu Kibang. Program rehabilitasi jalan dan jembatan. Pembangunan saluran drainase ruas jalan Sp. Daya Murni-Gunung Batin. Pembangunan jalan strategis penghubung Kabupaten Tubaba-Lampung Utara. Dan pembangunan jalan strategis Sp. PU Candra Mukti-Panaragan.

Gubernur Lampung, lanjut dia, berharap Pemkab Tubaba dapat memanfaatkan keberadaan jalan tol untuk mengakselerasi pengembangan wilayah dan memberikan dampak postif bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga  Dua Anggota DPRD Tubaba Ucap Sumpah PAW

\”Wilayah exit tol perlu disusun rencana detail tata ruangnya agar jangan sampai keberadaan jalan tol justru mematikan kegiatan-kegiatan ekonomi dan produksi masyarakat,\” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Tubaba Iwan Mursalin menambahkan ruas jalan yang akan dilakukan pembangunan dan rehabilitasi jalan terdapat di 7 ruas jalan provinsi.

\”Peningkatan jalan Sp. Daya murni – Gunung Batin Rp7,6 M. Pembangunan jalan Adijaya – Tulung Randu Rp12,75 M. Rehabilitasi jalan Sp. Daya murni – LU Rp1,6 M. Pembangunan jalan Sp. PU Candra Mukti- Panaragan Rp4,5 M. Pembangunan jalan Lenumangan – Unit 6 Lambukibang Rp12,75 M. Pembangunan jalan Penumangan – Tgal Mukti Rp7,6 M. Pembangunan jalan Sp. Tujok- Panaragan Jaya Rp7,6 M,\” kata dia, Rabu (20/3).

Baca Juga  Pemkab Tubaba Lampung Jadikan Budaya sebagai Pondasi Dalam Membangun

Pemkab Tubaba berharap, kegiatan tersebut dapat terlaksana. Sebab, ruas jalan tersebut tengah mengalami kerusakan yang lumayan parah dan butuh penanganan dengan segera.

\”Ruas jalan terparah berada di seputaran Pasar Mulya Asri, bahkan karena banyaknya keluhan masyarakat dan pengguna jalan langsung kami tangani dengan dilakukan penimbunan dengan sabes di titik terparah. Titik ini juga kita minta untuk di rigit beton,\” singkatanya.(Arie)

Komentar