oleh

Penyerapan Anggaran Tak Maksimal, Kominfo Tanggamus Tuding Bawahan Lamban

Tanggamus (Netizenku.com): Implementasi penyerapan anggaran 2019 di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanggamus masih belum maksimal. Hal itu diketahui dari tingginya sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) yang diperkirakan mencapai Rp525 juta.

Sekretaris Diskominfo Tanggamus, Derius Putrawan.SP.,MM mengatakan, penyebab tingginya Silpa akibat lambannya proses penyerapan anggaran. Hingga saat ini, Diskominfo baru mencairkan dana ganti uang (GU) sebanyak 9 kali dari yang semestinya 12 kali.

Baca Juga  Resmi, Tanggap Darurat Bencana Non Alam Tanggamus Hingga 29 Mei

Mantan Kabid Humas Diskominfo itu menuding, kinerja bawahannya yang dinilai belum proporsional.

\”Masalah ini terjadi karena lambannya kinerja Kasubbag keuangan dan bendahara pengeluaran Diskominfo,\” kata Derius, Minggu (29/12).

Menurut Derius, semestinya bagian keuangan berkerja dengan baik, cepat dan efisien agar penyerapan anggaran dan belanja program efektif.

\”Padahal sudah sering disampaikan agar bekerja dengan cepat dan efisien, namun masih tetap begitu (lamban) seperti sopir mobil yang baru belajar. Jika sopir itu cakap maka perjalanan yang memakan waktu 3-4 jam akan ditempuh hanya 2 jam perjalan,\” ungkapnya.

Baca Juga  Tanggamus Gelar Pembinaan Lintas Agama

Tingginya angka Silpa Diskominfo, lanjut Derius, tentu saja merugikan karena tidak dapat dimanfaatkan dan berimbas kepada terbengkalainya berbagai program yang tidak dapat direalisasikan.

\”Mau bagaimana lagi, honor kegiatan saya saja disilpakan. Kemudian, beberapa anggaran belanja modal dan biaya publikasi,\” beber Derius.

Dirinya mengaku, penyerapan anggaran tahun ini yang paling tinggi menyumbang Silpa ketimbang tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, dirinya akan mengevaluasi kinerja bawahannya khususnya di bagian keuangan.

Baca Juga  Wabup Tanggamus Dukung Pengurangan Sampah Plastik

\”Saya akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas untuk mengevaluasi bagian keuangan, bila perlu diganti. Agar kedepannya Diskominfo dapat lebih baik lagi dalam penyerapan anggaran,\” pungkas Derius. (Arj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *