oleh

Penjabat Bupati Pringsewu Hadiri Seminar Nasional Maspro Sumbagsel Jilid IV

Pringsewu (Netizenku.com): Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, menghadiri Seminar Nasional Masyarakat Profesional Sumatera Bagian Selatan (Maspro Sumbagsel) Jilid IV (Membangun Aglomerasi) di Hotel Novotel, Garuntang, Bandarlampung, Jumat (05/08/22). Acara ini dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan sejumlah kepala daerah beserta jajaran.

Erick Thohir mengatakan Provinsi Lampung memiliki 3 komoditas pangan yang berpotensi tinggi untuk stabilisasi harga pangan, yaitu padi, jagung dan tebu. Selain bisa membantu kondisi nasional, juga bisa dinikmati petani langsung.

Baca Juga  Bupati Pringsewu Ikuti Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah 2020

Dikatakan Erick Thohir yang merupakan putra daerah Lampung, harga sejumlah bahan pangan mengalami kenaikan hingga 100%, dimana angka ini dihitung dengan perbandingan sebelum masa pandemi Covid-19.

“Kenaikan harga untuk komoditas pangan berjenis biji-bijian seperti kedelai dan gandum bahkan mengalami kenaikan hingga 111%,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Erick Tohir kendatipun tren harga naik, menurutnya hal itu sebagai pondasi atas perbaikan proyeksi impor pangan di tahun 2022, khususnya kedelai dan gandum. Sedangkan pupuk harganya naik hingga 156% saat ini jika dibandingkan sebelum pandemi, akibat kondisi geopolitik antara Rusia dan Ukraina.

Baca Juga  Pelaku Pemalsuan Identitas Ranmor Dicokok Polisi

Sementara itu, Arinal Djunaidi mengatakan adanya aglomerasi antar daerah dapat mempercepat pembangunan, khususnya di wilayah Sumatera Bagian Selatan. Oleh karena itu, percepatan pembangunan di wilayah ini sangat dibutuhkan, sehingga diperlukan sinergisitas antardaerah.

“Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi perlu aglomerasi antar daerah, yang bisa terbentuk jika pembangunan infrastruktur dipercepat,” ujarnya.

Sebagai upaya untuk mewujudkan aglomerasi dan konektivitas antardaerah, kata gubernur, Pemprov Lampung telah menjalin komunikasi serta kerjasama dengan sejumlah provinsi, diantaranya Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau, yang diharapkan dapat memacu perekonomian, baik di Lampung maupun kedua provinsi tersebut.

Baca Juga  Tekan Angka Golput, KPU Pringsewu Gelar Konser Musik

“Kita bersyukur Jalan Tol Trans Sumatera sudah dibangun, pelabuhan juga ada, sehingga untuk mengirimkan komoditas antar daerah semakin mudah,” katanya. (Rz/Leni)