Pemprov Evaluasi Sistem SRG dan Pengelolaan Pasar Lelang

Redaksi

Selasa, 10 Juli 2018 - 17:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandarlampung (Netizenku.com):  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Perdagangan (Disdag) Lampung menggelar sosialisasi pasar lelang dan evaluasi pemanfaatan Sistem Resi Gudang (SRG) yang telah dibangun sejak tahun 2011 hingga 2016 di 6 Kabupaten di Provinsi Lampung.

Pembangunan gudang dalam program SRG di Lampung telah dimulai sejak tahun 2011 hingga 2016, sehingga perlu adanya evaluasi perbaikan secara bersama antara staekholder dan mitra, sehingga dapat mengangkat kemajuan  komoditas hasil pertanian sebagai pemasok utama, ungkap Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ir.Ferynia saat membuka kegiatan sosialisasi pasar lelang dan Sistem Resi Gudang, Selasa (10/7).

Menurut Ferynia, saat ini sosialisasi tidak perlu dibahas secara detail, akan tetapi tugas kita bersama seluruh Dinas Perdagangan Kabupaten maupun staekholder berupaya mengevaluasi untuk kemajuan pemanfaat program ini. “Provinsi Lampung cukup dikenal di provinsi lain hasil komoditasnya, termasuk dikenal di internasional, seperti kopi Robusta Lampung,” kata dia.

Ferynia menjelaskan, program SRG yang telah dibangun sejak tahun 2011 terdapat di Kabupaten Lampung Selatan 2 gudang, Lampung Timur, Lampung Lampung Tengah, Tulang Bawang, Tanggamus dan Kabupaten Lampung Barat/Pesisir Barat. “Maka saat ini ada 7 gudang dalam program SRG, terang Ferynia.

Ia menambahkan, kerjasama dengan pihak terkait masih terlihat belum berjalan maksimal, sertifikasi gudang belum selesai, belum adanya sarana penunjang dalam SRG serta belum dianggarkan pada APBD pemerihan Kabupaten, tegas dia. \”Hal ini yang harus kita dorong buat maju secara bersama, karena masalah tersebut tidak bisa kita biarkan,\” kata Ferynia.

Baca Juga  Bikin E-KTP Bisa Online

Lebih lanjut Ferynia menyatakan, sudah saatnya ada upaya konkrit dalam melakukan terobosan. “Karena kita bangga dengan slogan Lampung sebagai penghasil komoditas hasil pertanian yang cukuk baik dan diandalkan bagi provinsi lain” tambah dia.

Oleh sebab itu, efisiensi perdagangan di Lampung akan semakin baik jika didukung dengan tertatanya sistem pembiayaan perdagangan yang dapat diakses oleh setiap pelaku usaha terutama usaha kecil dan menengah. \”SRG adalah instrumen penting dan efektif dalam sistem pembiayaan perdagangan, juga sebagai strategi alternatif untuk stabilisasi harga komoditas,\” ujar Ferynia.

Baca Juga  Jembatan Layang Sultan Agung \'Cantik\' Simbol Semangat Kerja

Sementara itu, Ketua Panita sosialisasi pasar lelang dan SRG, Andrian Syarif menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan pemahaman para pengusaha, petani, pedagang dan pengepul tentang pasar lelang maupun SRG.

Kegiatan SRG kata Andrian Syarif, telah tertuang dalam UU Nomor 9 tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang, sebagai acuan dasar pelaksanaan DIPA satuan kerja maupun surat keputusan satker tentang penaggung jawab tentang SRG, kata dia.

“Kita berharap, seluruh peserta dari Kabupaten se-Provinsi Lampung, pengelola, Gapoktan, para pelaku usaha, petani, koperasi dan stakeholder mampu menyamakan pemahaman dalam mewujudkan program SRG yang lebih baik,” tandasnya. (Aby)

Berita Terkait

YKWS: Banjir di Balam Bukan Semerta Bencana Alam
Libur Lebaran, Lonjakan Wisata Balam Capai 30 Persen
Tak Hanya Citra Garden, Pengembang Perumahan Diminta Proaktif
Soal Banjir, Dewan Nilai Pemkot Balam bak Pemadam Kebakaran
Awal Mei PDI-P Balam Buka Penjaringan, Eva Dwiana Masih Miliki Kans
PLN UID Lampung Siap Amankan Pasokan Listrik Idul Fitri 1445H
PGN Pastikan Layanan Gas Bumi Aman dan Handal Selama Idul Fitri 1445 H
5.752 WBP Kanwil Kemenkumham Lampung Diusulkan RK Idul Fitri 2024

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 20:05 WIB

Disnaker Lampung Bakal Turunkan Tim Pengawas dan Mediator untuk Selesaikan Permasalahan THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:59 WIB

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:49 WIB

Realisasi penyaluran KUR Peternakan Lampung Capai Rp1,51 triliun

Kamis, 18 April 2024 - 21:58 WIB

Umar Ahmad dan Sinyalemen Dukungan PDI Perjuangan

Kamis, 18 April 2024 - 20:42 WIB

Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Wujudkan Lampung Sebagai Lumbung Ternak Nasional

Kamis, 18 April 2024 - 19:49 WIB

DPD PDI Perjuangan Santai Tanggapi Rumor Umar Ahmad-Edi Irawan

Kamis, 18 April 2024 - 13:38 WIB

Lampung Memperkaya Kalender Pariwisata dengan 90 Kegiatan Tahun 2024

Kamis, 18 April 2024 - 12:42 WIB

6 Trayek Baru Angkutan Perintis Lampung Diajukan

Berita Terbaru

Ilustrasi THR. Foto: Ist.

Lampung

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 Apr 2024 - 19:59 WIB