BERBAGI

Pesawaran (Netizenku.com): Untuk membentuk generasi milenial yang kreatif dan mandiri, Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran menggelar pemilihan muli mekhanai yang akan diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) pada 12 Maret mendatang.

“Untuk tahapan pendaftaran itu kita sudah lakukan yakni pada tanggal 1 Februari-3 Maret. Sedangkan untuk technical meeting kita lakukan pada tanggal 5 Maret,untuk pembekalan 8 Maret , tes tertulis dan wawancara 11 Maret dan grand final tanggal 12 Maret di GSG Pesawaran,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Sri Rahayu, saat ditemui di kantornya, Rabu (13/2).

Untuk kategori peserta, harus muli mekhanai asli  (bujang gadis) usianya minimal 17 tahun maksimal 21 tahun dengan memiliki tinggi badan minimal 160 centimeter untuk putri dan 165 centimeter untuk putra serta menarik, punya potensi dan  memiliki  kelebihan. “Yang dinilai selain tinggi badan itu tentang kepribadiannya, potensinya, punya kemampuan dan dapat mempromosikan wisata di Kabupaten Pesawaran,” jelasnya.

Pada rangkaian acara dipembukaan nanti akan menampilkan sesi fashion show yang akan menampilkan busana casual, selanjutnya peserta juga akan berparade dengan berbusana gaun muli kain tumpal untuk mekhanai. Sedangkan pada fashion show dan catwalk ini akan diberikan kesempatan kepada pihak sponsor ship untuk berpartisipasi seperti produsen busana, sepatu, sandal, pengusaha /pengrajin batik Lampung, aksesoris, designer-designer serta pelaku ekonomi kreatif dari Lampung maupun luar Lampung untuk menampilkan rancangan serta produk terbaiknya.

“Sebelum mereka tampil nanti kita juga akan melakukan beauty class yakni  salah satu rangkaian kegiatan pemilihan muli mekhanai yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan peserta dalam menyiapkan diri untuk tampil menarik dan rapi “jelasnya.

Sedangkan pada grand final konsep acaranya akan dibuat perpaduan acara lomba dan hiburan seperti  modern dance, tarian daerah dan hiburan lainnya. “Pada malam grand final ini peserta akan diberikan kesempatan menjawab pertanyaan seputar pariwisata, budaya dan pengetahuan umum. selain kemampuan tersebut peserta juga akan dinilai dalam kecerdasan. Cantik , tampan, ramah, smart, charming dan  hospitable, “ ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan terselengaranya acara tersebut nanti kepada para peserta yang memperoleh juara baik itu juara satu, dua dan tiga atau yang masuk kategori putri pariwisata dapat mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Pesawaran.(Soheh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here