oleh

KPU Tanggamus Gelar Simulasi Pemilu

TANGGAMUS (Netizenku.com): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus menggelar simulasi pemungutan dan rekapitulasi hasil pemungutan suara di TPS di Rest Area Gisting Kecamatan Gisting Tanggamus, Sabtu (6/4).

Simulasi tersebut dilakukan di TPS 23 guna persiapan pelaksanaan kegiatan Pemilu pada (17/4) di Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting mendatang. Dalam kegiatan itu, Kapolres Tanggamus, AKBP Hesmu Baroto, melalui Kabag Sumda, Kompol Rinaldi Eka Saputra,  Dandim 0424/TGM, Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, serta perwakilan Forkopimda Tanggamus turut mengikuti kegiatan simulasi tersebut.

Baca Juga  Pilu, Sajiem Belum Tersentuh Bantuan Pasca Banjir Semaka

Tampak hadir komisoner Bawaslu Provinsi Lampung, Antonius, Ketua KPU Tanggamus, Otto Yuri Saputra, Komisioner Basawlu, Ali Usman. ST, Camat Gisting Purwati, Kasubbag Humas Iptu Ruzan Affani, Kapolsek Talang Padang Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom, perwakilan partai politik, perwakilan PPS Kecamatan Gisting, Gunung Alip dan Sumberejo, PPK se Kabupaten Tanggamus dan masyarakat sekitar.

Kasubbag Humas Polres Tanggamus, Iptu Ruzan Afani mengungkapkan, dalam hal ini Polres Tanggamus hadir selain menyaksikan juga turut melaksanakan simulasi pengamanan dalam kegiatan tersebut. \”Kegiatan hari ini menyaksikan seluruh rangkaian dan pengaman simulasi yang digelar KPU Tanggamus,\” terangnya.

Baca Juga  Sambut Milad ke-107 PD Muhammadiyah Tanggamus Bakti Sosial

Dalam simulai, Petugas PPS merupakan petugas yang akan melaksanakan Pemilu di TPS 23. Semetara, dari jumlah 268 mata pilih KPU hanya memberikan 200 surat undangan kepada masyaraka yang terdaftar untuk mengkuti simulasi, dan dihadiri sebanyak 123 mata pilih.

Untuk diketahui, kegiatan simulasi tersebut dilakukan untuk memberikan gambaran dan cara pelaksanaan pemilu terhadap masyarakat yang akan melakukan pemungutan suara. Kemudian, petugas PPS juga dapat menghitung durasi waktu yang dihabiskan, mulai dari pencoblosan hinga penghitungan suara. Mengingat ada 5 surat suara yang akan dimasukan kedalam 5 kotak suara, diharapkan petugas PPS dan masyarakat agar dapat mengarahkan ketika memasukan kertas suara kedalam kotak. (Rapik)

Baca Juga  Polisi Tangkap Pencuri Sepeda Motor di Batukramat

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *