Komnas Perlindungan Anak Roadshow ke Tubaba

Redaksi

Jumat, 25 Mei 2018 - 15:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Pusat melakukan silaturahmi dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) di Sekretariat PWI Rawakebo, depan Islamik Center Tubaba Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Ketua Umum Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan kedatangannya ke Tubaba merupakan rangkaian kunjungan kerjanya ke daerah-daerah dalam rangka memberikan gerakan perlindungan anak. \”Silaturahmi ini merupakan salah satu rangkaian kunjungan kerja kami di Tubaba. Sebab, tidak hanya di Tubaba anak membutuhkan komitmen dan pertolongan bersama termasuk juga media dalam memberantas kekerasan terhadap anak,\” terangnya saat berbincang dengan pengurus PWI, Jum\’at (25/5) pagi sekitar pukul 09.00 Wib.

Baca Juga  Protokol Bupati Dibekuk Usai Pesta Narkoba, Inspektorat Persiapkan Sanksi

\"\"

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Arist Merdeka, media adalah selaku kontrol sosial juga sebagai media edukasi bagi masyarakat dan anak ketika menerbitkan pemberitaan tentang anak. Sementara, kunjungan kerjanya ke Tubaba yakni sebagai upaya membangun mitra strategis gerakan perlindungan anak antara Komnas Perlindungan Anak dengan Pemerintah Tubaba.

\”Kami sudah bertemu dan berbicara dengan wakil bupati beserta jajaran instansi terkait dengan gerakan perlindungan anak, bangun komitmen bagaimana gerakan perlingdungan anak ini mendapat partisipasi masyarakat, karena dimungkinkan di Tubaba ini akan terjadi kasus-kasus yang di luar dugaan terhadap anak,\” paparnya.

Upaya agar tidak sampai pada kasus yang luar biasa tersebut, lanjut dia, maka Komnas PA membangun hubungan strategis khususnya dengan penerintah dan telah disepakati ada gerakan gugus tugas untuk sebuah gerakan menuju Tubaba kabupaten layak anak. \”Kita hadir di Tubaba untuk memperkuat gerakan ini, sehingga gugus tugas ini dapat berjalan sehingga kedepan Tubaba jadi kabupaten layak anak tingkat kotamadya,\” tukasnya.

Baca Juga  Tubaba Tetap Laksanakan Pembangunan Fisik dari DAU

Untuk menuju Kabupaten layak anak, ada 31 indikator yang harus dipenuhi pemerintah seperti harus ada peraturan-peraturan daerah tentang perlindungan anak, infrastruktur, juga tempat-tempat fasilitas umum tempat bermain anak.

\”Kemarin disepakati untuk kabupaten ini menjadi kabupaten ramah anak, memanfaatkan gerakan perlindungan anak yang disebut setiyuh. Karena infonya banyak tempat-tempat di tiyuh yang bisa digunakan untuk membuat ruang terbuka ramah anak dan pembangunannya memanfaatkan adanya Dana Desa (DD) di tiap tiyuh,\” pungkasnya.

Baca Juga  Kolektif Seni Tubaba Kembali Gelar Purnama Tiyuh-tiyuh

Sementara Ketua PWI Tubaba, Edi Zulkarnaen melalui sekretaris M Shobari sangat berterima kasih rombongan Komnas PA yang diketuai Arist Merdeka Sirait, Sekjen¬†Dhanang Sasongko beserta jajaran dapat bersilaturahmi di PWI. \”Kami juga sangat mendukung dengan gerakan perlindungan anak ini, sebagai pelaku kontrol sosial kami juga sangat membutuhkan informasi yang jelas masalah perlindungan anak ini, sehingga ketika ada kasus kekerasan terhadap anak pelakunya akan kita kawal sampai ditindak tegas oleh pihak terkait, sehingga jangan sampai ada kasus kekerasan terhadap anak menjadi pundi uang bagi oknum,\” ucapnya. (Arie)

Berita Terkait

Firsada Sampaikan Raperda Pertanggungjwaban APBD 2023 dan RPJPD 2025-2045
Kaum Muda Deklarasikan Diri Dukung Pasangan NONA Maju Pilkada Tubaba
Kantongi Restu Umar Ahmad, NONA (NOvriwan-NAdirsyah) Solid Maju Pilkada Tubaba
Firsada Sampaikan Poin Gerak Cepat Penanganan dan Pemberantasan Korupsi
Tubaba Apresiasi Komitmen BRI Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lokal
Pj Bupati Tubaba Buka Gebyar PAUD Tahun 2024
Pj Bupati Tubaba Ajak Semua Pihak Sinergi Cegah Stunting
Pemkab Tubaba-Ombudsman Teken MoU Tentang Pelayanan Publik

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:04 WIB

Tantangan dan Kendala Penanganan TBC di Lampung

Jumat, 14 Juni 2024 - 14:07 WIB

IKM Lampung Didorong Kantongi Sertifikat TKDN-IK

Kamis, 13 Juni 2024 - 20:45 WIB

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:18 WIB

Program Vokasi Tingkatkan Kualitas Lulusan SMK di Lampung

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:15 WIB

Diskeswan Tingkatkan Upaya Pencegahan Penyakit Zoonosis pada Hewan Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:12 WIB

PPPA Himbau Masyarakat Berani Lapor Ketika Menjadi Korban Kekerasan

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:06 WIB

Pemprov Bakal Evaluasi PRL 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 13:05 WIB

PLH Gubernur Lampung Pimpin Rapat Perdana, Tekankan Keberlanjutan Program Kerja

Berita Terbaru