BERBAGI

Pematangsawa (Netizenku.com): Ketua Tim Penggerak PKK Tanggamus, Hj. Sri Nilawati Syafi’i, melaksanakan bakti sosial sekaligus menyerahkan bantuan dana operasional dan pakaian olahraga bagi Posyandu balita/lansia, di Kecamatan Pematangsawa, Rabu (22/7).

Kegiatan yang dipusatkan di aula kantor camat Pematangsawa tersebut, dihadiri Sekretaris Dinas PMD, Suyanto, Camat Pematangsawa, Agus Somad, Uspika Kecamatan, pengurus TP PKK Tanggamus dan Ketua TP PKK Pematangsawa.

Sri Nilawati, dalam sambutannya menerangkan, Posyandu balita dan lansia yang akan menerima dana operasional sebanyak 33 Posyandu, terdiri dari
19 Posyandu balita dan 14 Posyandu lansia. Sedangkan untuk kader Posyandu yang akan menerima pakaian olahraga di Kecamatan Pematangsawa secara sebanyak 137 kader, yang terdiri dari 95 orang kader Posyandu balita dan kader 42 orang kader Posyandu lansia.

“Semoga dengan dilakukannya penyerahan dana operasional Posyandu sebesar Rp750.000 per Posyandu, dan penyerahan pakaian olahraga kepada seluruh kader di Kecamatan Pematangsawa, diharapkan pelayanan kepada masyarakat khususnya ibu hamil, anak balita dan lansia semakin maksimal, serta dapat bermanfaat dan memotivasi kader untuk tetap aktif membantu dalam penyelenggaraan Posyandu, sehingga dapat mempertahankan upaya–upaya pemberdayaan kader Posyandu,” kata Sri Nilawati.

Sri menjelaskan, dalam penyelenggaraan kegiatan Posyandu di masa pandemi Covid-19, tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

“Beberapa aturan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu yaitu kader Posyandu dalam keadaan sehat, memakai masker dan sarung tangan, meja tidak berdekatan (minimal 1 meter) dan disediakan cairan pembersih tangan, orangtua bayi dan balita membawa kain atau sarung sendiri untuk penimbangan, atur jadwal layanan maksimal 10 orang di area layanan, anak yang sudah disuntik menunggu di luar atau tempat terbuka sekitar 30 menit sebelum pulang,” jelasnya.

Sri juga mengajak masyarakat memiliki peran dalam melindungi diri dan sesama agar selamat dari wabah Covid-19, serta bisa mengatasi wabah secara lebih cepat dan dengan aksi yang tepat.

Adapun pelaksanaan baksos, dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan dalam rangka meningkatkan gizi balita, khususnya bagi balita dari keluarga yang terdampak Covid-19.

“Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, kami dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus memberikan perhatian kepada anak balita dengan menyalurkan bantuan 80 paket makanan tambahan, yang diprioritaskan kepada anak balita berumur 1-2 tahun (1000 Hari Pertama Kehidupan) dan balita kurang mampu yang terdampak Covid-19,” kata Sri.

Selain itu Ia berharap, kegiatan itu menjadi stimulan bagi masyarakat untuk lebih memperhatikan asupan makanan anak balita agar terbentuk generasi yang
sehat dan berkualitas.

Sementara Agus Somad, mengucapkan terima kasih dilaksanakannya kegiatan tersebut di wilayahnya. Ia meminta agar para kader Posyandu dapat meningkatkan pelayanannya dengan lebih baik, serta rajin berkoordinasi dengan petugas kesehatan dan Puskesmas. Khususnya terkait penanganan dan pencegahan balita stunting di Kecamatan Pematangsawa.

Agus juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2021 nanti akan dibangun Puskesmas di wilayah Selatan Pematangsawa. Sehingga akan meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.

“Oleh karenanya saya meminta para kader Posyandu dapat saling berkoordinasi dengan petugas kesehatan dan Puskesmas, sehingga khusus bagi anak-anak kita, tumbuh kembangnya lebih baik dan jauh dari stunting,” pungkasnya. (Arj/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here