BERBAGI

Way Kanan (Netizenku.com): Dalam pelaksanaan APBK tahun 2018, Kampung Serdang Kuring, Kecamatan Bahuga, Kabupaten Way Kanan, telah merealisasikan 100 persen Anggaran Dana Kampung.

Kepala Kampung Serdang Kuring, Kecamatan Bahuga, Kabupaten Way Kanan, Yazid mengatakan ADK digunakan untuk pembayaran siltap perangkat kampung, tunjangan BPK , RT, Linmas, operator dan bendahara dan sebagian digunakan untuk biaya operasional pemerintah kampung, serta pengadaan sarana komunikasi wifi untuk mempermudah layanan online dengan depdagri dan yang menyangkut data yang harus melalui online.

Untuk Dana Desa kata yazid, sudah diserap dana sebesar 60 persen, yang digunakan untuk menunjang operasional pemerintah kampung, BPK, untuk memenuhi UU No 6 tahun 2014 tentang desa dan perbub No 9 tahun 2018 tentang tata cara pemberhentian dan pengangkatan perangkat kampung, telah dilaksanakan penjaringan dan penyaringan perangkat kampung.

Dibidang pembangunan lanjut yazid, dibangun siring pasang sepanjang 500 meter. Ini sangat penting untuk melancarkan aluran air sehingga jalan kampung tidak lagi tergenang air dan becek, juga dibangun sumur bor sebanyak 3 unit yang sangat dibutuhkan masyarakat, yang bila musim kemarau untuk mndapatkan air bersih bisa mencapai 2 kilometer.

Bidang pembinaan juga diberikan insentif untuk kader PKK, Posyandu, guru ngaji, penjaga masjid dan penjaga makam. Dana juga dialokasikan untuk operasional PKK dan LPM, serta diberikan insentif untuk LPMK bidang pemberdayaan.

“Juga disediakannya perpustakaan kampung untuk menambah wawasan masyarakat dan aparatur kampung, juga untuk mengurangi masyarakat yang putus sekolah diadakan dan diikutkan secara bertahap untuk kejar paket A,B dan C,” ujarnya.

Terpisah, ucapan terima kasih dari masyarakat serdang kuring Tukiran (46) Kasimin (53) bahwa pemerintah kampung juga telah mengikut sertakan mereka beserta warga yang lain untuk melaksanakan pembangunan siring pasang, sehingga bisa menambah pendapatan mereka. Hal ini juga disampaikan oleh Danial selaku tim pelaksana kegiatan APBK Serdang Kuring tahun 2018 (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here