BERBAGI

Kotaagung (Netizenku.com): Kabupaten Tanggamus menginjak usia 24 tahun per 21 Maret 2021, perayaan secara sederhana pun dilaksanakan di ruang rapat utama berupa pemotongan tumpeng, sekaligus doa dan pemberian tali asih kepada anak yatim, di Sekretariat Daerah Tanggamus, Senin (22/3).

Hadir dalam perayaan penuh khidmat tersebut Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani, Wakil Bupati, Hi.A.M.Syafii, Ketua DPRD, Heri Agus Setiawan, Kepala Kejari, David P.Duarsa, perwakilan dari Kodim 0424, perwakilan Polres dan perwakilan Pengadilan Negeri (PN) Kotaagung. Lantaran masih dalam situasi pandemi tidak semua kepala OPD hadir, hanya beberapa kepala OPD saja.

Dewi Handajani berharap di usia 24 tahun ini Kabupaten Tanggamus bisa semakin maju lagi, dan semakin keren baik semua program pemerintahan, tata kelola pemerintahan, dan juga pelayanan kepada masyarakat.

“Oleh karenanya diharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, karena majunya Tanggamus ini tidak bisa sendiri, harus maju bersama-sama dengan masyarakat, maupun stakeholder, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, maka banyak kegiatan-kegiatan dan program yang harus disesuaikan dengan kondisi yang ada,” ujar bupati.

Dalam kesempatan itu bupati juga kembali meminta masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dan sama-sama berupaya agar Tanggamus kembali menjadi zona hijau.

“Dengan segala upaya tersebut, harapannya semua kembali normal walaupun masih dengan adaptasi kebiasaan baru, mudah-mudahan di usia 24 tahun ini membawa barokah untuk Kabupaten Tanggamus,” pungkas Dewi.

Dalam kesempatan tersebut bupati, Wabup dan jajaran Forkopimda memberikan santunan kepada 10 anak yatim. Dan bupati juga memberikan piagam penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kepada dua OPD, Disdukcapil dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Prestasi yang diraih Kabupaten Tanggamus pada bidang pendidikan selama tahun 2020 di tingkat Provinsi Lampung antara lain: Juara I KSN bidang Ilmu Pengetahuan Alam, Juara I KOSN Pencak Silat, Juara II FLS2N bidang Kriya Anyam, Juara II FLS2N bidang Solo Song, Juara II FLS2N SMP bidang Seni Tari, Juara III FLS2N bidang Gambar Bercerita, Juara III FLS2N bidang Kriya Anyam, Juara III FLS2N SMP bidang Musik Tradisional, Juara III FLS2N SMP bidang Seni Tari, Juara III FLS2N SMP bidang Solo Song, Juara III FLS2N SMP bidang Desain Poster. Semuanya diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud. Pemberian penghargaan dilakukan oleh Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud secara daring.

Di bidang pemerintahan, Kabupaten Tanggamus mendapat penghargaan Tingkat Nasional tahun 2020. Antara lain penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Cukup Peduli HAM Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Kabupaten Tanggamus meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD Tahun Anggaran Sebelumnya. Kemudian pada tahun 2020, Kabupaten Tanggamus dicanangkan sebagai Kabupaten Literasi oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kabupaten Tanggamus juga menerima Penganugrahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 Kategori Kabupaten Sangat Inovatif yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Di tingkat Provinsi Lampung, Kabupaten Tanggamus mendapat penghargaan Terbaik I Anugerah PANGRIPTA Saburai. Yaitu penghargaan untuk Dokumen RKPD terbaik Tingkat Provinsi Lampung.

Di bidang keagamaan, penghargaan yang diterima Kabupaten Tanggamus yakni meraih Juara Umum MTQ ke-47 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2020 yang diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu. Kemudian Kabupaten Tanggamus meraih gelar Juara Umum tersebut berturut-turut dalam MTQ Tingkat Provinsi Lampung dari tahun 2016 sampai tahun 2020.

Di bidang lingkungan hidup, Kabupaten Tanggamus mendapat penghargaan tingkat nasional, yakni mendapatkan penghargaan terhadap Pembinaan Program Kampung Iklim dan Pelaksanaan Program Kampung Iklim, dengan predikat Proklim Utama yang diraih Pekon Ngarip Kecamatan Ulu Belu.

Lalu Predikat Proklim Madya diraih oleh Kecamatan Gisting yaitu Pekon Sidokaton. Dan Kecamatan Sumberejo yaitu Pekon Pekon Simpang Kanan, Pekon Wonoharjo, dan Pekon Tegalbinangun. Penghargaan itu dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan secara virtual di daerah masing-masing.

Pada bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, penghargaan yang diraih Kabupaten Tanggamus tingkat Provinsi Lampung yakni meraih Juara I Akseptor MKJP Terbanyak Jenis Alat Kontrasepsi MOP dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2020. Diselenggarakan oleh BKKBN Provinsi Lampung.

Pada bidang kebudayaan, prestasi yang diraih Second Runner Up Muli Provinsi Lampung, Runner Up Mekhanai Provinsi Lampung, dan Best Tradisional Costume Mekhanai Provinsi Lampung, dalam acara pemilihan Muli Mekhanai Provinsi Lampung tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Lampung. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here