oleh

HUT Bhayangkara ke-73, Polri Masih Miliki Pekerjaan Rumah

Bandarlampung (Netizenku.com): Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-73 Tahun, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menggelar upacara di Lapangan Saburai, Kota Bandarlampung, Rabu (10/7/2019).

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan amanat Presiden RI Joko Widodo di depan pasukan upacara. Presiden menyampaikan sejumlah prestasi yang telah diraih Polri pada tahun ini.

“Tahun ini ada banyak sekali prestasi yang dicapai Polri. Berkat kinerja Polri saat ini, arus mudik di seluruh Indonesia berjalan lancar. Stabilitas harga bahan pangan tersedia dan terjamin,” ucap Arinal.

Selanjutnya, Polri telah berhasil menyelamatkan keuangan negara senilai Rp2,3 Triliun. Polri pun disebut telah menduduki peringkat kedua setelah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam hal integritas.

Baca Juga  Ulang Tahun, Herman HN Ingin Pelayanan Rakyat Meluas

“Laporan keuangan Polri pun dinyatakan mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian berturut-turut selama 6 kali. Indeks reformasi Polri menempatkan 60 zona integritas dengan predikat wilayah bebas korupsi. Hal ini menempatkan Polri pada posisi kedua dengan zona integritas setelah Kemenkeu,” ujar dia lagi.

Meskipun telah mencapai sejumlah catatan baik, Presiden meminta Polri agar tidak cepat berpuas diri. Ada sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dikerjakan.

Setidaknya terdapat 6 hal yang menjadi PR Polri diantaranya; Tetap menjaga keutuhan negara dari kejahatan teroris dan radikalisme. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) demi terwujudnya Indonesia Emas 2045 mendatang. Utamakan menjadi anggota Polri yang humanis dalam bertugas.

Baca Juga  Pertahankan Budaya, DPRD Gagas Raperda Kearifan Lokal

Selanjutnya, Polri diminta untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara modern, mudah dan konsisten. Meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. Memperkuat koordinasi dengan TNI, Lembaga, Kementerian demi memelihara keamanan negeri.

Presiden juga mengapresiasi perjuangan Polri dalam memelihara ketertiban, penegakan hukum dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kerja keras dan pengabdian telah dirasakan oleh rakyat Indonesia, selama tahun 2018 hingga 2019 keamanan terpelihara dengan baik,” kata Arinal.

Menurutnya, Polri telah mengamankan seluruh kegiatanan internasional yang dilaksanakan di Indonesia, seperti Asean Game serta Asean Paragames.

Baca Juga  Diskriminasi HIV Bukanlah Berita \'Sexy\'

“Kemudian kita juga merasakan situasi kamtibmas yang kondusif,” imbuh Arinal.

Ia menuturkan, Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan baik dari konvensional lintas negara seperti terorisme, narkotika, human trafiking, cyber crime.

Dengan capaian tersebut, Polri diminta untuk terus konsisten menjaga kinerja baiknya. \”Kedepan perkembangan teknologi menjadi ruang kejahatan baru, terutama penyebaran hoax. Begitu juga kejahatan konvensional lebih ditekan agar memberi rasa aman dan kenyaman pada masyarakat,” tambahnya.

Usai menyampaikan hal di atas, upacara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung. (*Aby)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *