BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pasien Corona di Tulangbawang Barat (Tubaba) bertambah. Hari ini EK (49) warga Tiyuh Kibang Yekti Jaya, Kecamatan Lambu Kibang dinyatakan positif Corona atau Covid-19 berdasarkan hasil uji Swab yang dilakukan RSUD Tulangbawang.

Empat hari sebelumnya, pada Sabtu (18/7) Satu orang telah dinyatakan terjangkit virus Corona tersebut yakni SK (42) seorang perempuan yang juga warga Tiyuh Kibang Yekti Jaya, dan memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta,  bekerja sebagai asisten rumah tangga.

Sehingga hingga hari ini, Tubaba telah merawat sebanyak 6 orang pasien Corona, sebanyak 4 orang telah dinyatakan sembuh yakni Abdul Hamid (AH) Sugiarto (S) , istri sugiarto yakni Darsiem (D), dan Khamami (KH). Sementara, 2 orang inisial SK dan EK sedang dalam perawatan.

Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Majril menjelaskan EK (49) atau pasien 06 merupakan pasien hasil tracking/pelacakan dari penetapan pasien SK pada Sabtu (18/7) sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Setelah hasil rapid test reaktif, pada Sabtu 18 juli, EK langsung dirujuk ke RSUD Tubaba diisolasi dan dilakukan pengambilan Swab dua kali pada Minggu dan Senin. Hari ini, Rabu (22/7) berdasarkan hasil swab yang dikeluarkan oleh laboraturium RSUD menggala dinyatakan positif Corona,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini kedua pasien  Corona tersebut sedang dalam perawatan tim medis RSUD Tubaba.

“Hari ini juga tim medis langsung melakukan tracking/pelacakan dan screening terhadap orang-orang yang ada riwayat kontak erat dengan pasien 06,” kata dia.

EK diketahui merupakan warga Tiyuh Kibang Yekti Jaya, Kecamatan Lambu Kibang yang bekerja sebagai penyalur tenaga kerja wanita ke Jakarta.

Bupati Tubaba, Umar Ahmad, usai mengikuti rapat paripurna mengaku baru mengetahui warganya SK sudah terpapar Corona di Jakarta berdasarkan hasil Swab RS Mitra Keluaga.

“Saya juga bingung, kenapa dia (SK-red) bisa pulang ke Lampung. Dia sudah terpapar tapi dia masih bisa pulang ke Lampung,” heran Umar.

Untuk mengantisipasi bertambahnya pasien Corona di Tubaba, Pemkab akan tetap melakukan upaya-upaya untuk kesembuhan dua pasien yang tengah dirawat di RSUD tersebut.

“Kita juga sudah mentracking semua yang memiliki kontak dengan pasien, dan tidak ada yang reaktif. Saya juga percaya, situasi ruang terbuka seperti di Tubaba ini tidak layak untuk virus Corona,” kata dia.

Bupati tetap mengimbau kepada masyarakat di kabupaten setempat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. (Arie/Len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here