Gunawan akan Usulkan Pembangunan Kantor Bawaslu Tubaba 2023

Redaksi

Senin, 17 Januari 2022 - 21:01 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Sekretaris Jendral (Sekjen) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia, Dr Gunawan Suswantoro, akan mengusulkan pembangunan kantor Bawaslu Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) pada 2023 mendatang.

Hal ini diungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), bersama ketua dan anggota Bawaslu se-Provinsi Lampung, Senin (17/1) yang diterima bupati dan jajaran pemerintah daerah di Berugo Cattage dan Komplek Rumah Baduy.

Pada kesempatan itu Bupati Tubaba, Ir Umar Ahmad SP, menyampaikan dukungan pemerintah daerah yaitu menyiapkan lahan yang telah dihibahkan tanah seluas 5000 m2.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Mungkin jika pembangunan Kantor Bawaslu ingin menyesuaikan dengan arsitektur lokal kita juga bisa mendesainkan itu. Sumber anggaran pembangunannya mungkin nanti dari APBN, sementara infrastruktur pendukung lainnya bisa disiapkan oleh pemerintah daerah, seperti jalan menuju kantor itu dan lainnya. Sebagaimana telah dilakukan di kantor-kantor vertikal yang mulai muncul di Kabupaten Tubaba,” terangnya.

Baca Juga  Wakil Bupati Tubaba Tekankan Kafilah MTQ Utamakan Falsafah Nenemo

Sementara itu dalam kunjungannya, Gunawan Suswantoro mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba yang telah memberikan hibah tanah guna pembangunan kantor Bawaslu Kabupaten

Menurutnya, proses pembangunan kantor Bawaslu Kabupaten Tubaba akan dilakukan tahun depan.

“Sekarang di kantor pusat sedang melakukan moratorium dan Insyaallah tahun depan akan mulai dibuka seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kalau nanti sudah diizinkan baru nanti kita mengajukan anggaran untuk Pembangunan Kantor Bawaslu Tubaba, sebab anggarannya menggunakan dana APBN,” ucapnya.

Menanggapi tawaran Bupati Umar Ahmad jika Bawaslu RI akan merealisasikan Kader Demokrasi Desa dan pelatihan kadernya dilaksanakan di Tubaba, Gunawan sangat menyambut baik. Memang konsep Kader Demokrasi Desa itu merupakan gagasannya dan saat ini menjadi renstra Bawaslu RI.

Baca Juga  DPRD Tubaba Minta PT SMI Tunda Pembayaran Tahap Dua

“Kader Demokrasi Desa ini baru gagasan, untuk mewujudkan itu harus ada pelatihan. Nah, bupati menawarkan kalau bisa pelatihannya ditempatkan di Tubaba. Ini merupakan tawaran yang bagus. tetapi ini perlu kita bahas lagi, bagaimana arah pembangunan, anggaran harus sudah ada dan sebagainya,” katanya.

Menurutnya, gagasan ini bagus untuk Indonesia sehingga tujuannya kedepan Indonesia aman, Indonesia demokrasinya lebih bermartabat, dan keamanan dari sisi penganggulangan terorisme.

“Kader Demokrasi ini perlu dibangun di setiap desa,” ulasnya.

Ditanya soal program gebrakan Bawaslu kedepan, Sekjen Bawaslu menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan menjadi prioritas yakni sedang mempersiapkan pelaksanaan Pemilu di Tahun 2024, sebab ini akan menjadi Pemilu Nasional serentak pertama di Indonesia dan terbesar di Dunia.

Baca Juga  Tubaba Catat Kasus Pertama Covid-19

“Saya katakan terbesar di Dunia karena Pilkada di Tahun 2024 terdiri dari 34 Provinsi mines Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 508 Kabupaten/Kota mines 6 kabupaten/kota khusus DKI Jakarta. Itu aka dilaksanakan secara serentak di Indonesia dalam satu hari. Sementara tahapan Pilkada dan Pemilu Nasional itu nanti akan ada yang beririsan sehingga kita sedang menpersiapkan betul langkah dan setrategi agar Pemilu di Tahun 2024 bisa berjalan dengan baik,” tutupnya

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Tubaba Ir. Umar Ahmad, SP, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah, SH.I,MH, Sekretaris Bawaslu Provinsi Lampung Widodo Wuryanto, S.IP.,MSi, Ketua Bawaslu Kabupaten/ Kota se- Provinsi Lampung, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Dra. Bayana, M.Si, Kepala BPKAD Mirza Irawan Dwi, A. S.sos., MM. (Arie/Leni)

Berita Terkait

Puluhan Wartawan Tubaba Bertolak Hadiri HPN di Jakarta
Firsada Tinjau Pemilu Serentak di TPS
Firsada: Pemilu Tunjukkan Kedewasaan Bangsa yang Demokratis
Nasdem Tubaba Siapkan 1066 Saksi Kawal Amin
842 Saksi Partai Demokrat Tubaba Terima Pembekalan
Tunaikan Nazar, Busroni Potong Kerbau di Tulangbawang Udik
Kajari Tubaba Ingatkan ASN Hindari Celah Korupsi dan Gratifikasi
Tubaba Buka Selter Tujuh JPTP Setingkat Eselon II

Berita Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:00 WIB

Gubernur Arinal Ajak TPID Bersatu Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri

Selasa, 20 Februari 2024 - 21:38 WIB

Pemprov Lampung Proyeksikan Penambahan Irigasi Hingga 73 Ribu Hektare

Selasa, 20 Februari 2024 - 21:31 WIB

Ketika Kalteng Berguru Pertanian pada Lampung

Selasa, 20 Februari 2024 - 18:00 WIB

Kemantapan Jalan Lampung Capai 78,68 Persen pada 2023

Minggu, 18 Februari 2024 - 20:09 WIB

Gubernur Turun Tangan, Tak Sudi Warga dan Petani Jadi Korban

Minggu, 18 Februari 2024 - 20:01 WIB

Stok Beras Bulog Lampung Aman Hingga Idulfitri

Minggu, 18 Februari 2024 - 19:59 WIB

Aman, Ketersediaan Beras di Pasar Tradisional Lampung Terjaga

Minggu, 18 Februari 2024 - 19:54 WIB

Hampir 11 Ribu Ton Subsidi Jagung LN Disalurkan Ke Peternak Unggas

Berita Terbaru

Lampung Barat

Bambang Kusmanto Kantongi Suara Terbanyak Dapil Lambar 1

Rabu, 21 Feb 2024 - 13:21 WIB

Gambar hanya ilustrasi.

Celoteh

Maestro Diplomasi Meja Makan

Selasa, 20 Feb 2024 - 22:39 WIB