Film Tari Site Specifik Dance Film Lapah Ningek Sajian Menarik TAF

Redaksi

Jumat, 12 November 2021 - 08:03 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Film tari Site Specifik Dance Film Lapah Ningek/ Remembering, Remember yang diperankan dua belas penari/performer Tubaba akan menjadi sajian menarik di dalam pembukaan Tubaba Art Festival (TAF) di Kota Budaya Uluan Nughik, Panaragan, Tulangbawang Barat (12/11) hari ini.

Performer umumnya anggota Sanggar Pakem berkolaborasi dengan koreografer yang telah malang melintang dalam pergaulan tari Dunia, Cak Ayu Permata, dan penyutradaraan film diarahkan oleh Aufaris Opaw dan Taufik Darwis sebagai Dramaturg.

Direktur Sekolah Seni Tubaba, Semi Ikra Anggara mengatakan, pementasan tari ini berbeda dengan yang telah tersaji dalam TAF edisi silam, yaitu sebagai tari mimetik seperti karya tradisional. Proses penciptaan karya tari ini memulyakan proses kerja yang lebih demokratis.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kami mengambil lokasi syuting Las Sengok yang merupakan sebuah situs budaya baru Tubaba yang dibangun berdasarkan narasi-narasi yang beragam tentang kualitas ‘keterbukaan’, disimbolkan dengan instalasi batu membentuk bintang Orion. Karya tari ini sungguh menjadikan para penari sebagai subjek yang kontributif,” kata dia, kepada Netizenku.com, Jumat (12/11).

Baca Juga  Pilih Jalan Alternatif, Gorong-gorong Desa Candra Mukti Ambrol

Semi mengurai, ingatan yang berjalan, atau mengingat ingatan adalah kerja proyeksi dan refleksi yang menggerakan proses membuat karya film tari ini. Proses proyeksi dan refleksi digunakan untuk bermain dan membuat struktur koreografi yang tumbuh dari fragmen-fragmen ingatan sebagian besar penari yang merupakan warga Tubaba dalam melihat ulang Las Sengok.

“Setiap fragmen ingatan diubah menjadi bahasa koreografi yang tumbuh melalui kosa gerak penari atas ingatannya; beragam gestur yang berlangsung dari pakaian penari yang multi warna; resonansi bebunyian yang beralih di antara yang fiktif dan yang natural; serta ruang-ruang kosong di antara penari yang ditangkap kamera dan disusun melalui penyuntingan yang paralel film tari lapah,” jelasnya.

Baca Juga  Pemkab Tubaba-Corpmax dan Ravensdown New Zealand Tanam Rumput Pakan Chicory

Sementara Ningek/Remembering Remember, lanjut dia, merupakan upaya untuk memproduksi struktur ‘budaya gerak’ baru di situs baru Las Sengok, melalui pertanyaan:  Apakah setiap fragmen koreografi terlihat sangat jelas merupakan ingatan para penari? Atau apakah kita seperti diajak untuk menangkap kemungkinan bagaimana cara melihat para penari atas Las Sengok dan ketergarakan kita pada ingatan mereka?.

“Secara lengkap, pendukung karya ini adalah; Alexander Gebe, Naya Isnaini, Nirvana Ratu Vatunisa, Kiki Windarti, Khusnul Khotimah, Nurrohman, Caroline Putri Anggun Pratiwi, Aldona Putri Agusti, Lulus Mahardi, Novian Tri Asmoro, Hikmah Vivian Adinda, Jhon Heryanto (Penari/performer), Ayu Permata Sari (Koreografer), Novian Tri Asmoro dan Ketut Sri Gangga Dewi (Asisten Koreografer), Taufik Darwis (Dramaturg), Aufaris Opaw ( Sutraradara film), Septian Dwi Cahyo (Penata Musik),  Widi Asari ( Penata kostum), Semi Ikra Anggara (Produser), Iwan Setiawan (Asisten Produser) dan Khoirul Hartoko (Manager Lapangan),” ulasnya.

Baca Juga  Umar Ahmad: Tubaba Harus Bebas Virus Rubella

Dia menambahkan, karya film tari ini merupakan produksi dari Disporapar Tubaba. Dengan proses kreatif yang serius, konsep yang matang, kerja lintas disiplin seni yang menantang dan kerja kolaboratif seniman Tubaba dengan seniman yang telah malang melintang di pergauan kesenian Dunia.

“Wajarlah kiranya karya Site Specifik Dance Film Lapah Ningek/ Remembering, Remember disajikan sebagai karya pembuka pada TAF#5, sebuah hajatan rutin Tubaba yang kali ini didukung platform Indonesiana Direktorat PTLK-Ditjenbud Kemendikbudristek Republik Indonesia,” tutupnya. (Arie/leni)

Berita Terkait

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik
Firsada Tinjau Kesiapan Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Pemilu
Kapolres-Forkopimda Tubaba Cek Ketersediaan Sembako Jelang Ramadhan
IOH-Lintasarta Jalin Kerja Sama Strategis dengan Pemkab Tubaba
Pj Bupati Pringsewu Salurkan Bantuan Pangan Beras di 2 Kecamatan
Diskeswan Tubaba Sekolah Lapang Pembibitan Hewan Ternak Ruminansia
Puluhan Wartawan Tubaba Bertolak Hadiri HPN di Jakarta
Firsada Tinjau Pemilu Serentak di TPS

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 17:49 WIB

Gubernur Lampung Resmikan RSH Kota Metro

Sabtu, 24 Februari 2024 - 16:49 WIB

Bangkit Haryo Utomo Buka Safari Dongeng Kota Metro

Kamis, 22 Februari 2024 - 19:57 WIB

PKS Metro Antar Lima Anggotanya ke Kursi Legislatif

Selasa, 20 Februari 2024 - 20:50 WIB

Wakil Walikota Metro Dukung Kelurahan Sesuai Kebutuhan

Minggu, 11 Februari 2024 - 12:52 WIB

Usai Salat Subuh, Walikota Metro Sapa Pasien RSUD Ahmad Yani

Jumat, 27 Oktober 2023 - 18:37 WIB

Presiden Tinjau Sarana Prasarana SMKN 3 Metro

Senin, 18 September 2023 - 22:50 WIB

UTD PMI Kota Metro Pastikan Stok Darah Cukup

Selasa, 22 Agustus 2023 - 22:58 WIB

Literasi Masuk Raperda Usul Inisiatif Kota Metro

Berita Terbaru

Lampung

Pemprov Lampung Bakal Tebar 525.000 Benih Ikan Endemik

Senin, 4 Mar 2024 - 16:02 WIB

Rayon PMII ketika mengabadikan momen disela-sela perhelatan RTAR. Foto: Kiriman WA Dimas.

Edukasi

PMII Rayon Pertanian Gelar RTAR

Senin, 4 Mar 2024 - 01:10 WIB

Pesawaran

Dendi Tinjau Kondisi Tanggul Jebol di Desa Bunut

Minggu, 3 Mar 2024 - 18:54 WIB