Fauzi Mau Semua SMP di Tubaba Bisa UNBK Mandiri

Redaksi

Selasa, 24 April 2018 - 20:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Wakil Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Fauzi Hasan, meminta Dinas Pendidikan setempat dapat bekerja keras mewujudkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri di masing-masing sekolah. Ini terkait pelaksanaan UNBK tingkat SMP di beberapa sekolah yang masih menumpang di sekolah lain.

\”Target kita masing-masing bisa melaksanakan di sekolahnya. Untuk pengadaan komputer tersebut sebagian besar merupakan bantuan. Namun, akan kita lihat juga di anggaran APBD kita kalau bisa diposkan untuk itu,\” kata dia usai mengikuti rakercab gerakan pramuka di SMKN 1 Tulangbawang Tengah, Selasa (24/4).

Fauzi menjelaskan, pihaknya terus berupaya agar setiap tahun ada progres dari 28 sekolah yang masih berbasis kertas dan pensil bisa berkurang ditambah dengan sarana UNBK perwilayah, \”Kacapdin juga harus berperan, bisa menganalisa kebutuhan sekolah. Disdik perkuat pendataan situasi guru, gedung dan sarana prasarananya,\” harapnya.

Dia mencontohkan, terkait dinilai kurang berperannya Kacapdin seperti yang terjadi pada musrenbang kecamatan beberapa bulan lalu, yakni dalam musrenbang tersebut ada sekolah yang meminta tambahan lokal. Namun ketika pihaknya menanyakan ke Kacapdin malah diam tidak bisa menjawab, \”Apa guna Kacapdin yang kerjanya mengurusi kepegawaian, sarana, masalah keuangan yang langsung berhubungan dengan vertikal, jadi kami minta peran aktif mereka,\” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Tubaba, Amrullah menjelaskan, itu dilakukan lantaran sarana masih terbatas, \”Dari 49 sekolah tingkat SMP baik negeri maupun swasta, baru 21 sekolah yang melaksanakan ujian berbasis UNBK sementara 28 sekolah masih menggunakan kertas dan pensil. Kedepan kita arahkan ke UNBK semua. Namun, ini juga membutuhkan dukungan semua pihak termasuk DPRD,\” terangnya.

Baca Juga  APBD 2021, Infrastruktur Tetap Prioritas

Namun, dirinya mengaku bahwa tidak ada permasalahan terkait menumpangnya pelaksanaan UNBK tersebut di sekolah tingkat SMA/SMK, \”Tidak ada masalah yang penting pelaksanaannya berjalan lancar. Dan sekolah yang akan menumpang juga kita carikan yang terdekat sehingga tidak menyulitkan siswa,\” paparnya.

Untuk diketahui, SMP yang menumpang tersebut diantaranya SMPN 4 Tulangbawang Tengah yang berada di tengah kota dan menjadi SMP favorit masih melaksanakan UNBK di SMKN 1 Tulangbawang Tengah bersama sekolah lainnya yakni SMPN 4 Tulangbawang Udik, dan SMPN 6 Tulangbawang Tengah. Sementara SMPN 2 Tulangbawang Tengah melaksanakan UNBK di SMAN 1 Tulangbawang Tengah, dan ini juga terjadi di beberapa sekolah SMP lainnya di Tubaba.

Baca Juga  Masa Bakti Berakhir, Paripurna DPRD Tubaba Diwarnai Isak Tangis

Terpisah Ponco Nugroho, Wakil Ketua DPRD Tubaba, mengkritisi SMPN 4 Tulangbawang Tengah yang berlokasi di depan Pasar Pulung Kencana yang tidak melaksanakan UNBK secara mandiri. Padahal dari sisi infrastruktur fisik bangunan serta dukungan jaringan internet sudah sangat layak. \”Kalau menurut saya SMPN 4 Tulangbawang Tengah sudah layak menyelenggarakan UNBK sendiri, ini akan kita pertanyakan,” tuturnya. (Arie)

Berita Terkait

Novriwan Jaya Dampingi KSP Moeldoko Tinjau Perkebunan Karet
Orang Dekat Jokowi Sambangi Umar Ahmad. Bicarakan Pilgub?
Novriwan Jaya Sambut KSP Moeldoko Tinjau Perkebunan Karet
DPD NasDem Tubaba Tetapkan Nama Bacabup-Bacawabup
Tubaba akan Lepas 177 Jamaah Calon Haji Juni Mendatang
Firsada: Pelayanan Publik adalah Prioritas Utama Pemkab Tubaba
Firsada Sebut Pariwisata Andalkan SDM Khususnya Seni dan Budaya
Muhammadiyah Gandeng Perusahaan Malaysia Uji Coba Sadap Karet

Berita Terkait

Kamis, 16 Mei 2024 - 19:35 WIB

Tunjang Ketahanan dan Swasembada Pangan, Dendi Tanam Kedelai

Kamis, 16 Mei 2024 - 15:25 WIB

Dendi Tekankan Penyelenggara Pemilu Jaga Netralitas

Rabu, 15 Mei 2024 - 18:04 WIB

Ketua TP PKK Pesawaran Hadiri Acara Puncak HUT ke-44 Dekranas

Selasa, 14 Mei 2024 - 18:19 WIB

BPK RI Beri Opini WTP Laporan Keuangan Pesawaran Tahun 2023

Senin, 13 Mei 2024 - 16:24 WIB

DPRD Pesawaran Nilai Polemik Lahan 329 H Persoalan Simpel

Minggu, 12 Mei 2024 - 17:46 WIB

Masyarakat Rejosari Gotong Royong Bongkar Gedung Balai Pekon untuk Renovasi

Minggu, 12 Mei 2024 - 12:58 WIB

Melawan, Pelaku Jambret Dihadiahi Timah Panas Tekab 308 Polres Pesawaran

Jumat, 10 Mei 2024 - 19:14 WIB

Polres Pesawaran Koordinasi Penangkapan Buaya di Teluk Pandan

Berita Terbaru

Pringsewu

APDESI Pringsewu MoU dengan Advokat Nurul Hidayah

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:29 WIB

Pringsewu

Curi Alat Pres Genteng, Dua Warga Tanggamus Diamuk Massa

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:40 WIB

Kepala BPKAD Kota Bandarlampung, M Nur Ramdhan, didampingi Sekretaris BPKAD Zakky Irawan dan Humas Kota Bandarlampung Ali Rozi. (Foto: Agis)

Lainnya

Pemkot Siap Hadapi Tudingan LCW Soal Dugaan Tipikor

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:54 WIB