oleh

Fauzi Mau Semua SMP di Tubaba Bisa UNBK Mandiri

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Wakil Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Fauzi Hasan, meminta Dinas Pendidikan setempat dapat bekerja keras mewujudkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri di masing-masing sekolah. Ini terkait pelaksanaan UNBK tingkat SMP di beberapa sekolah yang masih menumpang di sekolah lain.

\”Target kita masing-masing bisa melaksanakan di sekolahnya. Untuk pengadaan komputer tersebut sebagian besar merupakan bantuan. Namun, akan kita lihat juga di anggaran APBD kita kalau bisa diposkan untuk itu,\” kata dia usai mengikuti rakercab gerakan pramuka di SMKN 1 Tulangbawang Tengah, Selasa (24/4).

Fauzi menjelaskan, pihaknya terus berupaya agar setiap tahun ada progres dari 28 sekolah yang masih berbasis kertas dan pensil bisa berkurang ditambah dengan sarana UNBK perwilayah, \”Kacapdin juga harus berperan, bisa menganalisa kebutuhan sekolah. Disdik perkuat pendataan situasi guru, gedung dan sarana prasarananya,\” harapnya.

Baca Juga  Camat Tuba Tengah Usulkan Dua Nama Pj Kepalo Tiyuh

Dia mencontohkan, terkait dinilai kurang berperannya Kacapdin seperti yang terjadi pada musrenbang kecamatan beberapa bulan lalu, yakni dalam musrenbang tersebut ada sekolah yang meminta tambahan lokal. Namun ketika pihaknya menanyakan ke Kacapdin malah diam tidak bisa menjawab, \”Apa guna Kacapdin yang kerjanya mengurusi kepegawaian, sarana, masalah keuangan yang langsung berhubungan dengan vertikal, jadi kami minta peran aktif mereka,\” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Tubaba, Amrullah menjelaskan, itu dilakukan lantaran sarana masih terbatas, \”Dari 49 sekolah tingkat SMP baik negeri maupun swasta, baru 21 sekolah yang melaksanakan ujian berbasis UNBK sementara 28 sekolah masih menggunakan kertas dan pensil. Kedepan kita arahkan ke UNBK semua. Namun, ini juga membutuhkan dukungan semua pihak termasuk DPRD,\” terangnya.

Baca Juga  DPRD Tubaba Tak Hambat Pembahasan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2019

Namun, dirinya mengaku bahwa tidak ada permasalahan terkait menumpangnya pelaksanaan UNBK tersebut di sekolah tingkat SMA/SMK, \”Tidak ada masalah yang penting pelaksanaannya berjalan lancar. Dan sekolah yang akan menumpang juga kita carikan yang terdekat sehingga tidak menyulitkan siswa,\” paparnya.

Untuk diketahui, SMP yang menumpang tersebut diantaranya SMPN 4 Tulangbawang Tengah yang berada di tengah kota dan menjadi SMP favorit masih melaksanakan UNBK di SMKN 1 Tulangbawang Tengah bersama sekolah lainnya yakni SMPN 4 Tulangbawang Udik, dan SMPN 6 Tulangbawang Tengah. Sementara SMPN 2 Tulangbawang Tengah melaksanakan UNBK di SMAN 1 Tulangbawang Tengah, dan ini juga terjadi di beberapa sekolah SMP lainnya di Tubaba.

Baca Juga  Umar Ahmad Tandatangani MoU KUA PPAS APBD Tahun 2021

Terpisah Ponco Nugroho, Wakil Ketua DPRD Tubaba, mengkritisi SMPN 4 Tulangbawang Tengah yang berlokasi di depan Pasar Pulung Kencana yang tidak melaksanakan UNBK secara mandiri. Padahal dari sisi infrastruktur fisik bangunan serta dukungan jaringan internet sudah sangat layak. \”Kalau menurut saya SMPN 4 Tulangbawang Tengah sudah layak menyelenggarakan UNBK sendiri, ini akan kita pertanyakan,” tuturnya. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *