oleh

Disdukcapil Tubaba Siapkan Google Form Data Masyarakat Peserta Vaksin

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menyiapkan Google Form yang harus diinput oleh setiap tiyuh (desa) untuk mendata masyarakatnya menjadi peserta vaksin.

Kepala Disdukcapil Tubaba, Drs. Ahmad Hariyanto, MM mengatakan bahwa untuk memudahkan pendataan calon peserta vaksin kedepan, maka diperlukan pendataan awal sesuai dengan data wajib vaksin setiap tiyuh yang disesuaikan dengan database yang ada di Disdukcapil.

“Dalam proses pelaksanaan Google Form ini nantinya akan dilakukan oleh aparatur tiyuh masing-masing dengan menginput data masyarakat berupa Nomor KK, NIK, Nomor HP, Foto KK terbitan dibawah tahun 2015, dan keterangan apakah telah divaksin dosis 1, dosis 2, atau bahkan belum divaksin,” jelasnya, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (29/9).

Baca Juga  Bupati Tubaba Ajak Masyarakat Lakukan Aksi Clean Up Day

Menurutnya, data yang diinput dalam Google Form adalah data masyarakat yang telah berusia 12 tahun keatas atau tergolong wajib vaksin. Karena selain mendata, tujuan Google Form ini juga untuk memverifikasi data penduduk tersebut agar saat dilakukan penginputan oleh vaksinator dalam aplikasi peduli lindungi dan pencetakan sertifikat vaksin tidak ada lagi terjadi masalah yang biasanya data keplpendudukan peserta vaksin belum terupdate.

Baca Juga  Umar Ahmad Terima Penghargaan Tjindarboemi Kada Inovator Kearifan Lokal dan Budaya

Lebih jauh dia jelaskan, bahwa pengisian Google Form itu sudah bisa laksanakan mulai saat ini, dan sesuai rencana Pemkab kedepan dalam gerakan serbu vaksin yang mulai difokuskan di tingkat tiyuh, dan ditekankan nantinya 2 atau 3 hari sebelum pelaksanaan vaksinasi berikutnya setiap tiyuh sudah menginput data tersebut.

“Ini adalah integrasi data antara tiyuh, Disdukcapil dan Dinas Kesehatan guna percepatan vaksinasi yang kita beri nama Google Form Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Tubaba. Jadi, melalui Google Form ini kita dapat mengetahui capaian berapa persen vaksin masyarakat di Tubaba, agar kemudian dikoordinasi bersama Dinas Kesehatan, serta diharapkan percepatan cakupan vaksinasi dapat tercapai 100 persen,” tutupnya. (Arie/leni)

Baca Juga  Tubaba Akan Lelang Terbuka Jabatan Sekda

Komentar